SOLOPOS.COM - Anggota Solo Murup menyiapkan bantuan paket makanan yang akan disalurkan ke warga terdampak pandemi Covid-19 di Solo, Jumat (30/7/2021). (Istimewa/Solo Murup)

Solopos.com, SOLO — Kondisi perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi virus corona membuat sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Solo Murup tergerak untuk membantu. Mereka bergerak menggalang donasi dan menyalurkannya untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat.

Perwakilan Solo Murup, Nurul Imani, kepada wartawan, Jumat (30/7/2021), mengatakan sudah dua tahun terakhir ia dan teman-temannya mengumpulkan donasi yang langsung disalurkan kepada para warga terdampak pandemi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, belasan pemuda itu fokus membantu para warga yang terpapar virus corona atau sedang menjalani isolasi mandiri di Solo. “Target kami ada 1.000 paket sembako, hari ini kami menyebarkan tahap ketiga. Saat ini belum menyentuh target, kami akan terus sebarkan,” papar Nurul.

Baca Juga: BOR Isolasi Belasan RS Solo Turun di Bawah 90%, RSUD Moewardi Bongkar 1 Tenda

Komunitas Solo Murup membuka donasi dalam dua pekan terakhir. Saat ini dana yang sudah terkumpul mencapai sekitar Rp31 juta dan telah disalurkan sekitar Rp18 juta. Ia menambahkan bagi masyarakat yang mau berdonasi dapat menghubungi Solo Murup melalui akun media sosial Instagram @solomurup.

Verifikasi Agar Bantuan Tepat Sasaran

Nurul menyebut lonjakan kasus aktif Covid-19 membuat jumlah para warga menjalani isolasi mandiri meningkat. Padahal, warga yang isoman banyak juga yang berlatar belakang ekonomi menengah ke bawah. Sehingga banyak yang tidak bisa bekerja karena isoman.

“Kami ada 13 orang dan seluruhnya mahasiswa di Soloraya. Kami melihat kondisi saat ini banyak warga yang benar-benar kesulitan. Awal pandemi kami juga sudah bergerak menyalurkan paket bantuan,” imbuhnya.

Baca Juga: Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Menurutnya, warga yang menjalani isoman dapat mengajukan bantuan ke komunitas Solo Murup. Anggota komunitas akan mengirim dokumen berupa link untuk diisi. Dokumen itu merupakan alat untuk verifikasi agar bantuan tepat sasaran.

Namun, tidak semua warga terdampak memiliki akses Internet sehingga anggota Solo Murup kadang menjemput data berkoordinasi dengan RT dan RW mencari para warga terdampa yang benar-benar layak dibantu.

“Target masih kurang banyak karena kami juga menunggu donasi terkumpul. Semoga banyak lembaga dan warga yang terus mendukung kami,” imbuh Nurul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya