SOLOPOS.COM - Warga mengikuti pendampingan pendaftaran kartu prakerja di Disnaker Kota Madiun, Selasa (14/4/2020). (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Untuk memudahkan warga mendaftar program Kartu Prakerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun membuka posko pendampingan. Sejak posko ini dibuka Senin (13/4/2020), sudah ada puluhan warga yang mendaftar Kartu Prakerja .

Posko pendampingan ini didirikan untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar Kartu Prakerja. Posko ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Disnaker Kota Madiun, Suyoto Harjo Wiyono, mengatakan untuk mendaftar program Kartu Pra-Kerja, warga hanya perlu membawa KTP. "Kalau kesulitan mendaftar Kartu Prakerja bisa datang ke posko. Nanti petugas akan membantu pendaftaran mulai tahap awal hingga tes," kata dia, Selasa (14/4/2020).

Wali Kota Kediri Bagi-Bagi APD Dari Gaji Pribadi

Syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja yaitu usia minimal 18 tahun, berkewarganegaraan Indonesia, tidak sedang sekolah atau kuliah, memiliki alamat e-mail, menyiapkan data diri seperti NIK, serta foto selfie dengan KTP dengan ukuran format foto maksimal 2 MB.

Setelah mendaftar dan lolos verifikasi, pendaftar berhak mengikuti tes online berupa kemampuan dasar dan soal motivasi sebanyak 18 soal. Soal itu harus dikerjakan dalam waktu 25 menit. Hasil tes akan diumumkan pada 17 April 2020.

"Jadi program ini tidak hanya untuk masyarakat yang belum bekerja. Tetapi juga pekerja yang terkena PHK [pemutusan hubungan kerja] dan pelaku IKM [industri kecil menengah] atau UKM [usaha kecil menengah] yang terkena dampak Covid-19 juga bisa mendaftar," kata Suyoto.

Penutupan Umbul Square Madiun Bikin Hewan Koleksi Lebih Sehat

Dia memperkirakan bakal ada jutaan orang yang akan mendaftar program ini secara nasional. Untuk Jawa Timur, kuota yang disediakan hanya sekitar 500.000 orang. Untuk itu, ada proses seleksi untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya