Bantu Warga Isoman, Pemerintah Desa Di Wonogiri Siapkan Tabung Oksigen Medis

Pemerintah desa di Kabupaten Wonogiri membeli berbagai peralatan kesehatan termasuk tabung oksigen untuk membantu warga yang isoman.

 Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah desa di Kabupaten Wonogiri berinisiatif membeli berbagai alat kesehatan seperi tabung oksigen dan ventilator dan oxymeter. Langkah ini bagian dari penanganan pandemi Covid-19 di wilayah perdesaan.

Oksigen medis menjadi barang langka saat kasus Covid-19 meningkat seusai Lebaran. Pasien positif corona yang mengalami sesak napas harus menjalani terapi oksigen untuk membantu mendapatkan asupan oksigen.

Setiap rumah sakit rujukan Covid-19 memiliki stok oksigen medis. Sementara tak sedikit keluarga pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah kelimpungan mencari oksigen medis.

Baca Juga: Petani Selogiri Ancang-ancang Gunakan Mesin Pompa Air

Guna membantu warga yang membutuhkan oksigen medis, pemerintah desa di Wonogiri mengalokasikan anggaran untuk membeli alat-alat kesehatan.

“Kami baru saja membeli tabung oksigen lengkap dengan ventilator senilai lebih dari Rp2 juta. Jika ada pasien positif yang sesak napas bisa langsung memakai tabung oksigen tersebut. Ada satgas jaga tangga yang akan mengambil tabung oksigen di balai desa,” kata Kepala Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Sukamto Priyowiyoto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/7/2021).

Pemerintah desa telah melakukan refocusing anggaran sebesar delapan persen guna menyokong penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan program vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Masyarakat Desa di Wonogiri Dilatih Tata Cara Pemakaman Jenazah Covid-19

Dana refocusing pemerintah desa di Wonogiri itu untuk untuk membeli alat kesehatan, oksigen, masker, dan cairan disinfektan. Selain itu, dana refocusing juga digunakan untuk memasok kebutuhan pokok pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

PPKM Berbasis Desa

“Justru kondisi kesehatan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri harus dipantau secara ketat. Satgas tingkat desa segera bergerak jika mendapat laporan ada pasien positif yang sesak napas berat,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Teguh Subroto. Anggaran refocusing digunakan untuk berbagai kegiatan operasional pengendalian pandemi Covid-19. Misalnya, memenuhi kebutuhan pokok pasien positif yang menjalani isolasi di rumah isolasi terpusat di desa.

Baca Juga: Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Mereka juga mendapat obat dan vitamin yang dikirim dari puskesmas. “Hanya beberapa lokasi kegiatan fisik yang digarap pada tahun ini. Sebagian besar bantuan dana desa digeser untuk penanganan Covid-19. Butuh anggaran cukup besar untuk penanganan pandemi Covid-19,” paparnya.

Sebelumnya, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan penerapan PPKM dilaksanakan berbasis di desa hingga rukun tetangga (RT). Pemerintah desa di Wonogiri harus renponsif saat ada pasien positif yang membutuhkan penanganan cepat termasuk kebutuhan oksigen.

Baca Juga: Polres Wonogiri Door To Door Salurkan Beras untuk 1.200 Keluarga Terdampak Covid-19

Bupati juga meminta agar pemerintah desa membeli alat-alat kesehatan seperti oxymeter untuk membantu penanganan pasien corona. Masyarakat bisa menggunakan oxymeter untuk mengukur kadar saturasi oksigen secara bergantian.

“Pemanfaatan anggaran delapan persen untuk penanganan Covid-19 harus bisa dipertanggungjawabkan. Misalnya, setiap desa membeli dua-lima oxymeter. Saya kira sudah cukup sebagai bagian deteksi dini penanganan Covid-19,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Anggota Tikus Pithi Se-Jawa Dilatih Jurnalistik oleh Solopos Institute

Puluhan anggota Tikus Pithi Hanata Baris dari sejumlah wilayah di Jawa mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Solopos Institute di Solo.

Kebakaran di Klandungan Sragen Menimpa Dapur Rumah Warga

Kebakaran yang terjadi di Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal Sragen, menimpa dapur warga yang berdekatan dengan lokasi penyimpanan jerami. Kerugian ditaksir Rp10 juta.

SGS 2021 Jadi Harapan Pusat Perbelanjaan Solo untuk Dongkrak Transaksi

Pengelola pusat perbelanjaan di Kota Solo sangat berharap para event Solo Great Sale atau SGS 2021 bisa mendongkrak jumlah kunjungan dan transaksi di mal.

Peralihan Musim, BMKG Jateng: Waspadai Puting Beliung di Soloraya!

BMKG Jateng mengimbau warga wilayah Soloraya termasuk Sukoharjo untuk mewaspadai potensi bencana angin kencang saat peralihan musim kemarau penghujan.

Picu Kerumunan, Padang Rumput Tegalharjo Wonogiri Ditutup

Padang rumput luas di wilayah Desa Tegalharjo ini ramai dikunjungi warga setelah viral di media sosial Instagram.

Hujan Abu Tipis di Selo Boyolali, Aktivitas Warga Tetap Normal

Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Selasa malam pukul 19.41 dan 19.48 WIB.

11 Siswanya Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kepala SMPN 8 Solo

Klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM di Solo meluas ke jenjang SMP, yakni SMPN 8 dan SMPN 4 dengan total 12 siswa positif.

Tangkarkan Benih Padi, Pria Asal Kajen Klaten Raup Omzet Rp1 M/Tahun

Dalam setahun, omzet yang diperoleh Suwono, 70, bisa mencapai Rp1 miliar dengan pendapatan bersih sekitar Rp500 juta.

Awas Nabrak Lur! Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Depan TSTJ Solo

Warga berharap tiang listrik di tengah jalan depan objek TSTJ, Jebres, Solo, bisa digeser ke tepi jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

Maling Kotak Infak di Masjid Ngawonggo Klaten Lolos dari Kejaran Warga

Sebelum menggondol kotak infak, maling berjenis kelamin pria itu sempat mondar-mandir di depan masjid.  

Breaking News! Api Melalap Hunian Warga di Klandungan Sragen

Sedikitnya tiga rumah warga Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Sragen dilalap api.

Jangan Coba Buru Satwa Liar di Area Ini, Bisa Kena Denda Rp10 Juta Lur

Pemerintah Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen mengeluarkan peraturan desa untuk melindungi satwa liar di wilayah mereka.

Beredar Info Solar Langka, Kapolres Sukoharjo Langsung Patroli ke SPBU

Aparat Polres Sukoharjo melakukan patroli ke sejumlah SPBU menanggapi informasi yang beredar di masyarakat bahwa solar saat ini langka.

PPKM Turun Level, Penumpang KRL Solo-Jogja dan Prameks Terus Meningkat

Jumlah penumpang KRL Solo-Jogja mengalami kenaikan setelah ada pelonggaran aturan seiring turunnya status PPKM ke level 2.