Bantu Tangani Corona, Anggota DPRD Sukoharjo Ramai-Ramai Sumbangkan Gaji
Gedung DPRD Sukoharjo di Mandan. (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kalangan legislator di Sukoharjo ramai-ramai menyumbangkan sebagian gajinya untuk membantu penanganan virus Covid-19. Gaji anggota DPRD Sukoharjo dipotong selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2020.

Merebaknya virus corona membangkitkan empati para anggota DPRD Sukoharjo untuk menyisihkan sebagian gajinya yang disumbangkan untuk penanganan Covid-19. Gaji para wakil rakyat itu dipotong setiap bulan dan dikumpulkan untuk membantu warga terdampak wabah virus corona.

Soal Haji 2020, Arab Saudi Minta Umat Islam Sedunia Sabar

Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Sukoharjo, Agus Sumantri, mengatakan telah melakukan rapat internal terkait penanganan Covid-19. Dalam rapat itu disepakati gaji setiap legislator dipotong Rp3,5 juta per bulan mulai April hingga Juni.

“Dana sumbangan Fraksi Golkar langsung digunakan untuk pencegahan persebaran virus Covid-19. Misalnya, membeli masker dan hand sanitizer dan kebutuhan pokok dan langsung dibagikan kepada warga tidak mampu,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (6/4/2020).

Syekh Puji Diperiksa Polda Jateng Terkait Dugaan Nikahi Bocah 7 Tahun

Pemotongan gaji anggota DPRD Sukoharjo itu merupakan wujud solidaritas dan empati terhadap kondisi riil yang dirasakan warga tak mampu. Mereka tak bisa mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Agus berharap sumbangan dari para legislator itu mampu meringankan beban masyarakat di tataran bawah. “Secara pribadi, saya juga membantu warga tidak mampu di lingkungan rumah. Saya membagi beras kepada beberapa warga untuk mencukupi kebutuhan hidup,” ujar dia.

Warga Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo ini memahami nasib masyarakat kecil yang kehilangan pendapatan akibat wabah virus corona. Kondisi ini menjadi momentum masyarakat dari berbagai latarbelakang profesi untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Sedang Dibangun, Pusat Pengujian Corona Malah Dihancurkan Warga

Untuk Bakti Sosial

Hal serupa juga dilakukan Fraksi PKS DPRD Sukoharjo. Kelima legislator PKS Sukoharjo rela menyumbangkan sebagian gaji untuk membiayai penanganan Covid-19. Gaji anggota DPRD Sukoharjo dari Fraksi PKS juga dipotong selama tiga bulan.

Sumbangan gaji bakal disalurkan melalui kegiatan bakti sosial yang melibatkan kader partai dan masyarakat. “Kami telah membagikan hand sanitizer, masker serta obat disinfektan kepada masyarakat di sejumlah lokasi. Aksi ini bakal dilanjutkan dengan melakukan pendampingan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi maupun sosial,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Sukoharjo, Moh. Samrodin.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho