SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemot) Solo akan mengucurkan dana Rp 20 miliar untuk membantu sekolah swasta di Solo.

Kepada wartawan di ruang pertemuan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Kamis (21/10), Kepala Bidang Perencanaan Disdikpora Solo, Sri Sutopo, menjelaskan ada 70 sekolah swasta yang akan menerima bantuan tersebut. Yaitu dari level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD, SMP, SMA, Madrasah Aliyah (MA), SMK. Jumlah itu merupakan hasil verifikasi yang telah dilakukan Disdikpora sejak beberapa waktu lalu.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Hari ini diharapkan proses verifikasi telah selesai. Tapi jika ternyata ada kesalahan dalam proposal, sekolah diminta memperbaiki,” jelasnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menerangkan berdasarkan Keputusan Walikota Solo Nomor 425/64-A/1/2010 tentang Penetapan Bersama Bantuan Dana Hibah Sekolah Swasta, Dana Hibah Sekolah Pendidikan Luar Biasa (PLB) Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2010, telah ditetapkan bermacam-macam besaran bantuan. Yaitu bantuan rehab ringan, rehab sedang, rehab berat, pengadaan sarana belajar/penunjang/mebelair.

Untuk rehab ringan, terangnya, PAUD/TK mendapatkan bantuan Rp 15 juta, SD/MI Rp 20 juta, SMP/MTs Rp 30 juta, SMA/MA/SMK Rp 35 juta, PLB Rp 25 juta. Untuk rehab sedang TK/PAUD mendapatkan bantuan Rp 20 juta, SD/MI Rp 30 juta, SMP/MTs Rp 40 juta, SMA/MA/SMK Rp 45 juta, PLB Rp 40 juta. Bantuan rehab berat bagi PAUD/TK sebesar Rp 30 juta, SD/MI Rp 50 juta, SMP/MTs Rp 55 juta, SMA/MS/SMK Rp 70 juta, PLB Rp 70 juta. Bantuan untuk pengadaan sarana belajar/penunjang/mebelair PAUD/TK sebesar Rp 10 juta, SD/MI Rp 10 juta, SMP/MTs Rp 15 juta, SMA/MA/SMK Rp 25 juta, PLB besarannya menyesuaikan kebutuhan tapi tidak melebihi dana yang ada.

“Secara keseluruhan, ada 36 sekolah yang mendapatkan bantuan kategori rehab ringan, lima sekolah mendapatkan bantuan kategori rehab sedang, sembilan sekolah mendapatkan bantuan kategori rehab berat dan 20 sekolah mendapatkan bantuan pengadaan sarana prasarana,” jelasnya.

Ketika ditanya kapan pastinya dana bantuan itu akan dicairkan, Sutopo belum bisa memastikan. Jika proses verifikasi selesai, Disdikpora Solo segera  meminta Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) untuk mencairkan dana tersebut.

Diharapkan, terangnya, dana bantuan tersebut akan membantu sekolah swasta dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mutu.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya