SOLOPOS.COM - Suasana gerbang masuk Solo Safari yang resmi dibuka Jumat (27/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto).

Solopos.com, SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkomitmen berkontribusi membangkitkan sektor pariwisata guna menggerakkan perekonomian di Kota Solo. Boarding pass true value di beberapa kereta api yang melewati Solo bakal dioptimalkan untuk mempromosikan Solo Safari yang baru saja dibuka untuk masyarakat pada akhir Januari.

Hal ini diungkapkan Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta, Agus Dwinanto Budiadji, saat berbincang dengan wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (1/2/2023). Jajaran pejabat PT KAI Daop VI Yogyakarta melakukan audience dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Mereka membahas program kerja sama promosi guna menggenjot kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di Kota Bengawan.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dalam kesempatan itu, Agus menyinggung ihwal pesatnya pembangunan infrastruktur dan destinasi wisata yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi di Kota Solo. Solo Safari misalnya, salah satu destinasi wisata baru yang menghadirkan wisata edukasi dengan beragam koleksi satwa.

“Kereta api itu kan gerbang wisata yang berkontribusi pada ekonomi daerah. Kami bersinergi untuk membantu promosi Solo Safari bagi para penumpang kereta api,” kata dia, Rabu. Bentuk kerja sama promosi tersebut dengan mengoptimalkan boarding pass true value di sejumlah kereta api yang relasinya dari Kota Bengawan.

Misalnya KA Argo Lawu jurusan Solo Balapan-Gambir, KA Argo Dwipangga jurusan Solo-Jakarta dan kereta api listrik (KRL) dengan jurusan Solo-Jogja. Program boarding pass true value merupakan kerja sama PT KAI dengan merchant atau mitra seperti hotel, objek wisata dan wahana rekreasi.

“Penumpang yang memiliki boarding pass akan mendapatkan promo menarik dari Solo Safari. Beragam promo menarik itu seperti diskon khusus dan penawaran menarik bagi penumpang kereta api,” ujar dia.

Lebih jauh, Agus menyampaikan moda transportasi menjadi salah satu pilar kunci dalam menumbuhkan perekonomian di jalur kereta api. Aktivitas ekonomi bergerak yang melibatkan langsung para pelaku usaha.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengapresiasi komitmen PT KAI yang membantu promosi Solo Safari pada para penumpang kereta api. Kerja sama promosi Solo Safari tersebut bakal dibahas lebih lanjut.

Dia berharap program promosi itu mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kota Bengawan. “Dulu PT KAI sudah kerjasama dengan destinasi wisata lain seperti Jatim Park. Nah, sekarang gantian Solo Safari,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya