SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Sebuah cara baru dalam perawatan mata, sangat mengagumkan. Bayangkan, sebuah robot berukuran sangat kecil dibiarkan ‘menjelajahi’ mata pasien. Robot ini lantas diberi tugas untuk memberikan obat hingga melakukan operasi mikro pada mata.

Robot ini adalah penemuan Michael Kummer dan timnya di Institute of Robotics and Intelligent Systems (IRIS) di Zurich, Swiss. Kabarnya, teknologi ini segera diluncurkan untuk kepentingan medis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, sudah pernah ada robot serupa yang dikembangkan North Carolina State University, yakni robot mikro yang bisa ‘berenang’ di dalam cairan tubuh dan berfungsi membersihkan darah beku pada pembuluh darah di dalam mata.

Kini, Kumer mengembangkan lebih jauh jenis robot tersebut, dengan menambahkan kontrol presisi menggunakan medan magnet. Robot ciptaan Kumer disuntikkan ke dalam mata melalui sebuah jarum dan dikendalikan secara elektromagnetik untuk mengurangi kebutuhan daya dari bahan bakar.

“Kami harap robot mikro ini bisa membantu mengobati degenrasi pada mata dengan menyuntikkan obat secara teratur,” kata Kumer seperti dikutip  dari PC World, Kamis (17/3/2011).

Disebutkannya, robot ini belum pernah dipakai pada mata manusia, melainkan baru diujicoba pada mata babi yang telah mati. Kumer dan timnya berencana akan menguji robot tersebut pada hewan yang masih hidup dalam waktu dekat.

Tidak hanya mengobati penyakit degenerasi pada mata, robot ini juga dikembangkan lebih jauh lagi agar bisa mengobati masalah mata lainnya dan melakukan operasi.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya