SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

Harianjogja.com, BANTUL- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul menggelar simulasi penanganan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas, Senin (7/7/2014).

Pengurus PMI Cabang Bantul Kamal mengatakan simulasi digelar untuk meningkatkan kemampuan para relawan menghadapi korban akibat kecelakaan lalu lintas yang sewaktu-waktu datang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatihan relawan tidak saja menuntut penanganan tepat dan cepat kepada korban namun juga menyangkut pemahaman jalur lalu lintas dalam menyiapkan relawan, peralatan dan ambulan sebagai pertolongan pertama.

“Kami perlu terus melakukan banyak pembekalan dan pelatihan kepada anggota agar tugas-tugas pertolongan pertama korban kecelakaan bisa lebih baik,” ujar Kamal, di sela kegiatan.

Pelatihan PMI Bantul melalui kegiatan simulasi masih akan berjalan untuk beberapa hari ke depan sebagai rangkaian upaya meningkatkan kemampuan anggota.

Menurutnya, tugas relawan PMI harus sigap dan tepat waktu karena memyangkut keselamatan diri seseorang yang menjadi korban. Tidak hanya pertolongan korban laka laut, tugas kemanusiaan PMI juga menyangkut banyak hal di Bantul seperti penanganan korban laka lantas, penemuan mayat, orang tenggelam di sungai hingga kejadian luar biasa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya