SOLOPOS.COM - Ilustrasi (clker.com)

Ilustrasi (clker.com)

JOGJA—Trotoar di sepanjang jalan utama Kota Jogja akan dilengkapi dengan guiding block atau blok pemandu. Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para difabel.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Toto Suroto mengatakan, rencananya guiding block bakal dipasang di semua jalan utama Jogja.”Ini untuk memberikan kemudahan akses berjalan kaki bagi difabel,” jelas Toto di kantornya, Selasa (2/10/2012).

Dia mencontohkan, trotoar jalan yang saat ini dalam proses pengerjaan dilakukan di Jalan Tamansiswa sisi barat. Selain itu, blok pemandu juga dilakukan di Jalan Prof Supomo dan lingkar Kridosono. Begitu juga dengan trotoar di kawasan Titik Nol yang akan diganti dengan batu candi, juga akan dilengkapi dengan blok pemandu.

Direktur Eksekutif Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan, trotoar di Jogja sampai saat ini belum sepenuhnya ramah bagi pejalan kaki. Termasuk bagi kalangan difabel. Dia mendesak agar Pemkot terus membenahi trotoar agar ramah bagi pejalan kaki.

“Kami menyambut baik pemasangan guiding blok di beberapa trotoar jalan itu. Sebaiknya tidak hanya dibedakan warnanya. Tapi juga dari blok atau tegel harus ada tonjolan-tonjolan untuk memudahkan para tunanetra berjalan,” usul Safrudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya