Tutup Iklan

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

 
Menu di Warung Gongso Solo (Istimewa/Facebook Warung Gongso Solo)

SOLOPOS.COM - Menu di Warung Gongso Solo (Istimewa/Facebook Warung Gongso Solo)

Solopos.com, SOLO — Situasi pandemi memberikan dampak besar di berbagai sektor. Salah satunya industri bisnis kuliner.

Tak sedikit orang harus kehilangan pekerjaan, namun di saat bersamaan banyak bisnis justru berkembang. Mereka terus berinovasi hingga menciptakan peluang baru di masa pandemi. Salah satunya yakni Warung Gongso Solo.

Bisnis kuliner Indonesia ini didirikan pada September 2014 oleh mantan atlet bulutangkis, Dhaka Yudha Sakti. Warung Gongso merupakan usaha yang idenya datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

“Berawal dari keinginan untuk membagikan kehangatan dari resep asli masakan rumahan ala ibu saya, saya memberanikan diri membuka usaha rumah makan bernama Warung Gongso. Prosesnya cukup panjang untuk memperkenalkan kuliner khas Warung Gongso ke masyarakat luas, namun strategi yang saya lakukan ternyata tepat sehingga kini Warung Gongso sudah memiliki tujuh cabang di kota Solo dan Surabaya,” ujar Dhaka dalam sesi interview via zoom meeting, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Tujuh tahun hadir di industri kuliner Indonesia, banyak tantangan dihadapi. Mulai dari persaingan sesama pelaku UMKM di bidang kuliner, perjuangan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas, hingga strategi dalam mempertahankan bisnis.

Selama berbisnis ada empat tips yang membuatnya bisa bertahan sampai sekarang. Pertama yakni tidak harus fokus pada keuntungan.

Goal utamanya yakni memberikan lapangan pekerjaan yang luas, menghadirkan hidangan kuliner dengan rasa enak, dan terus fokus untuk memperluas jangkauan usaha. Dhaka yakin jika semuanya sudah tercapai, keuntungan akan menghampiri bisnis dengan sendirinya.

Selanjutnya yakni rutin memberikan promosi, serta menghadirkan kemudahan bagi pelanggan. Sebagai salah satu upaya memberikan pengalaman transaksi yang mudah, cepat dan menguntungkan, Warung Gongso mengadopsi pembayaran digital seperti ShopeePay.

Baca Juga: Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Selaku owner, Dhaka juga sering mengingatkan tim di Warung Gongso menawarkan pembayaran digital menggunakan ShopeePay kepada konsumen. “Agar konsumen mendapatkan keuntungan lewat promo cashback yang ditawarkan,” kata dia.

Tips terakhir yakni rendah hati dan jangan takut bermimpi. Walaupun saat ini Warung Gongso sudah cukup dikenal secara luas, kerendahan hati dan memiliki mimpi yang tinggi merupakan dua hal yang harus dipegang teguh.

Dhaka percaya bahwa pencapaian Warung Gongso saat ini tidak ia raih sendirian. Ia selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga agar tidak perlu memulangkan satu pun karyawannya.

Hingga hari ini, Warung Gongso tidak hanya mampu mempertahankan karyawannya, tetapi bahkan dapat membuka gerai baru dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang terdampak pandemi. Penjualan yang cukup pesat membuatnya dipercaya sebagai salah satu merchant ShopeePay.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Dorong Electric Lifestyle, PLN Salurkan 60 Kompor Induksi di Mataram

PLN Terus mendorong realisasi elektric lifestyle di kalangan rumah tangga melalui penyaluran bantuan kompor Induksi di kampung PLN, kota Mataram.

Premium Store Kenangan Heritage, Kenalkan Konsep Baru Menikmati Kopi

Kopi Kenangan terus berkembang dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan alternatif makanan dan minuman berkualitas.

PT Angkasa Pura I Minta Keringanan Pajak kepada Pemkab Kulonprogo

PT Angkasa Pura I (Persero) meminta agar Pemkab Kulonprogo memberikan keringanan terkait dengan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Tiga Dekade Yakult Membersamai dan Memberi Arti

Penjualan Yakult saat ini mencapai tujuh juta per hari. Jumlah itu terus meningkat di masa pandemi.

Ini Dampak Kebijakan Satu Peta bagi Investasi di Tanah Air

Data informasi geospasial yang akurat dapat dimanfaatkan dalam pembangunan, salah satunya dalam mendukung kepastian investasi.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

LPS Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik pada 2022, Ini Indikatornya

Berbagai paket kebijakan yang dikeluarkan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, OJK, dan LPS telah menunjukkan hasil positif.

Kabar Gembira! Wings Air Buka Penerbangan ke Bali dari Adi Soemarmo

Penerbangan rute baru yang dibuka adalah dari Denpasar – Solo – Denpasar yang dilayani oleh Maskapai Wings Air mulai 26 November 2021.

Gulirkan Program Satu Juta Kompor Induksi, PLN Siapkan Diskon Khusus

PT PLN siap mengawal program pengalihan kompor berbasis energi import (LPG) ke kompor berbasis energi domestik (kompor listrik) atau yang lebih dikenal kompor induksi.

Buntut Temuan Toilet SPBU Berbayar, Ini Perintah Erick Thohir ke BUMN

Menteri Erick meminta pengawasan dan pemeliharaan dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin fasilitas umum nyaman dan gratis bagi masyarakat.

Masih Ada Waktu, Pelaku Parekraf Ayo Buruan Daftar BPUP Rp1,8 juta

Pelaku parekraf yang bisa mendaftar BPUP ada 6 jenis usaha yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya.

Presidensi G20 Indonesia Siap Akselerasi Transisi Ekonomi Rendah Karbon

Salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni mendukung setiap negara termasuk negara berkembang untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim

Penerbangan Internasional ke Bali Tambah 7 Rute, Aturan Karantina Ketat

Penambahan penerbangan ke Pulau Dewata ini terkait pembukaan pariwisata Bali bagi turis asing yang sudah dibuka sejak 14 Oktober 2021.

Diklaim Lebih Hemat, Segini Harga Kompor Induksi di Market Place

PT PLN (Persero) mengaku siap untuk mengawal program pengalihan kompor berbahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) menjadi kompor listrik atau induksi.