SOLOPOS.COM - Saksi yang juga sahabat Mirna, Hanie Juwita Boon (kanan), bersama sejumlah pegawai kafe Olivier mengikuti rekonstruksi kejadian kasus kematian Wayan Mirna Salihin dalam persidangan dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu (27/7/2016). Kuasa hukum Jessica sempat mempertanyakan keberadaan sedotan yang dinilai merupakan salah satu fakta perjalanan sianida di kopi Mirna. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Jessica Wongso membantah dirinya curhat ke Mirna soal Patrick. Namun bantahan itu dinilai janggal oleh jaksa.

Solopos.com, JAKARTA — Jaksa penuntut umum (JPU) berupaya mengejar motif pembunuhan Wayan Mirna Salihin dalam pemeriksaan terhadap terdakwa tunggal Jessica Kumala Wongso. Dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2016), jaksa menggalinya dengan menelusuri hubungan Patrick O’Connor dengan Jessica dan Mirna saat masih tinggal di Australia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum menyebut nama Patrick, jaksa Shandy Handika menanyakan hubungan antara Jessica, Mirna, dan Hanie sejak mereka kenal di Australia. Awalnya, Jessica mengatakan dirinya lebih dekat dengan Hanie sejak awal kuliah di Billy Blue College.

Namun, saat tiba di Jakarta pada 6 Desember 2015, Jessica mengaku hanya menghubungi Mirna dan bukan Hanie. Pasalnya, Jessica mengaku hanya memiliki nomor ponsel Mirna dan tak punya nomor kontak lainnya. Hal itu mengundang pertanyaan jaksa yang menilai keterangan ini tak sesuai dengan cerita sebelumnya.

“Anda kan lebih dekat ke Hanie, masa enggak punya nomornya?” cecar jaksa Shandy. Jessica pun buru-buru memberikan penjelasan. “Denger dulu, Anda tanya saat 2013, tapi setelah itu kan lepas semua [hubungan Jessica dengan Hanie],” jawab Jessica. Baca juga: Sumber Video “Jari Mak Lampir” Jessica, Jaksa Curigai Keterangan Palsu.

Menurut Jessica, pada kurun 2013-2015, dia menjadi lebih dekat dengan Mirna karena sudah tak berhubungan dengan Hanie. Nomor Mirna yang dipakai untuk meneleponnya itulah yang masih tersimpan di ponselnya. Hingga akhirnya, mereka bertemu kembali di Jakarta.

Menurutnya, Mirna sering datang ke Australia untuk liburan dan setahun sekali Mirna menghubunginya untuk bertemu di sana. Saat bertemu, kata Jessica, mereka hanya berbicara hal-hal umum seperti pekerjaan. Dia membantah jika dirinya sering membicarakan hal-hal pribadi dengan Mirna, termasuk hubungannya dengan Patrick. “Saya orangnya tertutup,” ujarnya.

Namun, saat dicecar jaksa apakah dia benar mereka tak pernah membicarakan Patrick, Jessica menolak menjawab. “Saya tidak pernah ceritakan apapun, tapi pacar terakhir Patrick itu pas 2014,” katanya. Baca juga: “Nyanyian” Jessica: Mirna Keluhkan Arief & Sebut Sandy Hamil Duluan.

Jessica juga menolak menceritakan bagaimana perkenalannya dengan Patrick. Saat bertemu Mirna, dia mengaku hanya menyebut jika saat itu sedang dekat dengan seseorang dan tanpa menyebut nama. “Saat itu masih dekat saja, belum pacaran.”

“Arief [Sumarko, suami Mirna] mengatakan Mirna bercerita bahwa dia menasihati Anda tentang Patrick yang suka mabuk dan pakai narkoba. Itu benar?” tanya jaksa. “Saya tidak pernah cerita ke Mirna, saat saya dibilang meninggalkan dia, itu tidak benar. Saya masih baik-baik saja [dengan Patrick],” bantah Jessica. “[soal pengakuan Mirna] Itu tanya ke Arief dong, bukan ke saya,” tandasnya.

Jaksa pun menanyakan siapa saja teman atau keluarga Jessica yang mengenal Patrick. Menurutnya, yang mengenal adalah ibunya dan temannya bernama Hanna. “Siapa lagi?” cecar jaksa. “Tidak mau cerita,” ujarnya.

Jaksa heran dengan jawaban itu. Terlebih, Jessica mengatakan Hanna tidak pernah mengenal Arief. “Lho terus bagaimana Arief tahu tentang Patrick?” tanya jaksa lagi. Jawaban terakhir Jessica pun mentok dengan pernyataan, “tanya aja ke Arief”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya