SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku siap memberikan klarifikasi jika diperlukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengakuan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

“Kami harus support, dan yang dilakukan KPK adalah dalam rangka membangun kepercayaan kepada masyarakat,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (23/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kesiapan Khofifah mendatangi KPK tidak lepas dari pernyataan Romahurmuziy (akrab disapa Rommy) soal jabatan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jatim. Terpilihnya Haris (yang saat ini statusnya tersangka kasus suap), kata Rommy, merupakan rekomendasi dari Kiai Asep. Rommy juga mengklaim mendengarkan aspirasi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menegaskan bahwa komitmennya untuk membangun pemerintahan yang bersih dan menjaga bahwa tidak boleh ada jual beli jabatan. “Saya rasa semua akan mendukung dan saya siap menyampaikan klarifikasi,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Menyinggung tentang pengakuan Rommy, Khofifah yang juga mantan Menteri Sosial itu mengaku kaget dan meminta wartawan untuk mengonfirmasikannya langsung kepada Rommy.

“Saya juga kaget. Rekomendasi dalam bentuk apa yang saya sampaikan. Jadi, sebaiknya teman-teman bisa mengonfirmasi kepada Mas Rommy,” katanya.

Ketika ditanya kedekatan dengan kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanudin, Khofifah mengatakan bahwa dirinya tidak mengenal secara personal. Dia mengakui hanya mengetahui Haris adalah menantu Roziqi, mantan ketua tim suksesnya pada Pilkada Jatim 2018.

“Kalau kenal secara personal, tidak. Akan tetapi bahwa beliau pernah [menjabat] Kepala Kantor Kemenag Surabaya, sempat Plt Kakanwil Kemenag Jatim, dan saya pernah ketemu sekali di pengajian,” katanya.

Selain itu, Khofifah mengaku pernah bertemu Haris di Rakerpim setelah menjadi Gubernur, serta saat audiensi di Gedung Negara Grahadi mendiskusikan dari data yang disurvei oleh UIN Syarif Hidatullah.

“Saya minta sama-sama pemetaan, Pak Haris datang dengan tim, dan saya juga menerima dengan tim,” kata orang pertama di Pemprov Jatim tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya