SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Barisan Serbaguna (Banser) Gunungkidul menyatakan siap mengamankan sejumlah gereja di Gunungkidul jelang perayaan Natal tahun ini.

Kepala Satuan Korcab BANSER Gunungkidul, Wagiman menjelaskan, sesuai dengan perintah dari pusat, Banser memiliki kewajiban untuk mengamankan Indonesia termasuk perayaan Natal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, mengamankan gereja adalah bagian dari tanggung jawab Banser guna menjaga keamanan. Saat ini pihaknya tengah menunggu koordinasi dengan jajaran Polres Gunungkidul seperti pada tahun sebelumnya guna menempatkan personel di sejumlah titik gereja terutama di kawasan kota Wonosari. Pihaknya sudah menyiapkan sedikitnya 100 personel BANSER dari 18 kecamatan di Gunungkidul yang sewaktu-waktu siap membantu kepolisian.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami sudah tahun ketiga ikut membantu mengamankan gereja, sudah menjadi tanggungjawab kami untuk menentramkan Indonesia dan memberi rasa aman kepada siapapun,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Senin (19/12).

Saat ini Banser Gunungkidul, lanjutnya, sudah memiliki 12 satuan koordinasi cabang pada 18 kecamatan. Belum lama Banser Gunungkidul juga mengirim 30 personel Satkornas untuk mengikut pelatihan di Jakarta dalam rangka penanganan gangguang keamanan. “Pada prinsipnya kami kapanpun siap. Kami menunggu koordinasi dari Polres saja berapa personel yang dibutuhkan dan titik lokasi pengamanan,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Gunungkidul AKBP Asep Nalaludin menyatakan pihaknya akan merangkul semua ormas Islam agar turut serta dalam mengamankan sejumlah gereja di Gunungkidul pada perayaan Natal 2011. Koordinasi dengan sejumlah ormas Islam terus dilakukan.(Harian Jogja/Sunartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya