SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Singapura punya Presiden Baru. Proses pemungutan suara Pemilu Singapura yang berlangsung demokratis Sabtu (27/8) menghasilkan total suara 744.397 atau 35.19 persen daritotal suara yang sah untuk Dr Tony Tan, politisi veteran dan bankir terkenal.

Pria berambut perak ini akan memimpin selama enam tahun ke depan, pemerintahan Negeri Singa itu. Tan, 71 tahun, adalah mantan Deputi Perdana Menteri dan orang dekat dengan Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa di negara kota itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pengumuman resminya, Minggu (28/8), Tony Tan disebut menang tipis yaitu dengan 0,34 persen atau 7.269 suara mengalahkan kandidat lainnya yaitu Dr Tan Cheng Bock. Mantan Anggota DPR dan politisi PAP yang mendapat suara sebanyak 737.128 atau 34,85 persen.

Sedangkan calon presiden dari partai oposisi yaitu Tan Jee say merebut suara 25,04 persen lalu di posisi empat yaitu Tan Kin Lian sebesar 4.91 persen. Tercatat jumlah total suara mencapai 2,11 juta dan hampir 600.000 suara golput.

Dalam pidato kemenangannya, seperti dikutip AFP, Tony Tan berjanji akan bekerja bagi Singapura. “Saya berjanji akan bekerja bagi setiap dan siapa saja di antara kalian” kata Tan. “Presiden merupakan presiden untuk semua warga Singapura, bukan hanya untuk mereka yang telah memberikan suara untuk saya tapi juga mereka yang tak memilih saya,”

Sebelum menjadi Deputi, Tan adalah anggota parlemen selama 27 tahun. Ia menjadi Menteri lima kali sebelum pindah ke Government of Singapore Investment Corporation (GIC) yang menanam modal di cadangan devisa Singapura.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong langsung mengeluarkan pernyataan terkait hasil pemilu tersebut. Ia menjamin dan mendukung penuh presiden terpilih dan berjanji untuk bekerjasama menghadapi sejumlah tantangan bagi negeri itu di masa mendatang.

Sejak 18 tahun terakhir, untuk pertama kalinya Singapura memilih secara demokratis pemimpinnya di Tempat Pemungutan Suara. Diperkirakan sekitar 2,3 juta warga Singapura berhak untuk memilih setelah masa kampanye sembilan hari.(Tempointeraktif)

Foto (zimbio.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya