SOLOPOS.COM - Logo Bank Mandiri

Logo Bank Mandiri

JAKARTA—Bank Mandiri pada tahun ini menargetkan pertumbuhan portofolio pembiayaan ke sektor usaha kecil dan menengah sebesar 25% atau meningkat ke angka sekitar Rp48 triliun dari periode tahun sebelumnya sebesar Rp38,44 trilun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sunarso, Director Commercial & Business Banking Bank Mandiri, mengatakan target pencapaian itu diagendakan untuk memperbesar penguasaan pasar nasional. Pada 2012 penguasaan pasar sektor usaha kecil dan menengah sebesar 12,7%.

”Penyaluran pembiayaan ke segmen UKM masih sangat prospektif, karena jumlah yang telah mengakses ke perbankan masih sekitar 13 juta pelaku. Sedangkan total UKM mencapai sekitar 52 juta orang,” katanya kepada JIBI/Bisnis, Rabu (27/2/2013).

Padahal, katanya, ekspektasi terhadap kiprah bisnis UKM cukup tinggi, karena ke depan sector riil diharapkan bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat.

Oleh karena itu Bank Mandiri ikut berpartisipasi mendukung visi pemerintah yang fokus pada pengembangan pasar domestik.  UKM akan menjadi salah sau pemain utama mengisi kebutuhan pasar barang dan jasa nasional.

Menurut dia, penyaluran pembiayaan bagi pelaku UKM pada 2012 sebesar Rp38,44 triliun, menyentuh sebanyak 40.000 pelaku. Dari penguasaan pasar kredit sebesar 12,7%, rasio kredit bermasalahnya atau non performing loan (NPL) masih terjaga di bawah 3%.

Dikemukakan, meski portofolio pembiayaan ditingkatkan, namun dari sisi lain Bank Mandiri berupaya menekan tingkat NPL ke angka 2%. Dia meyakini skema tersebut, karena banyak UKM yang meningkatkan kapasitas usahanya.

Dari peningkatan kapasitas atau size usaha tersebut berdampak pada semakin besar akses pembiayaan. Di antara mereka bahkan ada yang bermigrasi ke segmen kredit komersial. Kondisi semacam ini meningkatkan rasa percaya diri perbankan mengalokasikan pembiayaan.

Salah satu strategi yang akan dilakukan Bank Mandiri untuk menyongsong  pasar tersebut, melakukan roadshow ke daerah-daerah. Termasuk ke Provinsi Jawa Barat yang menjadi salah satu potensi besar untuk menyalurkan kredit pembiayaan.

Sunarso bersama beberapa direksi Bank Mandiri akan melakukan roadshow ke Karawang, Pamanukan, Cirebon, Lembang, dan Bandung. “Tujuan kami  dari kunjungan ini untuk memonitor perkembangan bisnis Bank Mandiri. Khususnya pelayanan terhadap UKM,” tukas Sunarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya