SOLOPOS.COM - Aktivitas di salah satu kantor Bank Mandiri (Rahmatullah/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA -- Sejumlah bank memutuskan mengoreksi suku bunga deposito menjadi lebih rendah pada Maret 2021. Dua bank besar di Tanah Air, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), sama-sama mematok bunga deposito kurang dari 3 persen pada Maret 2021.

Strategi ini tak lepas dari arah kebijakan monetet pemerintah yang mendorong geliat perekonomian nasional. Lantas, berapa bunga deposito Bank Mandiri dan BCA?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Bisnis.com berdasarkan rilis yang diterima dari Bank Mandiri, disebutkan Bank Mandiri mengumumkan penyesuaian suku bunga deposito rupiah sebesar 15 basis poin.

Baca juga: Para Idol K-Pop Ini Punya Kebiasaan Makan yang Aneh, Siapa Saja?

Saat ini simpanan berjangka dalam rupiah diberikan tingkat bunga 2,85 persen per tahun dari sebelumnya 3 persen. Penetapan bunga deposito rupiah yang terbaru ini berlaku mulai hari ini atau Kamis (25/3/2021) untuk semua nilai simpanan dan semua tenor.

"Sebagai bagian dari industri perbankan, Bank Mandiri berkomitmen mendukung pemerintah dan otoritas moneter dalam mengimplementasikan bauran kebijakan finansial untuk ikut memulihkan perekonomian nasional dari dampak pandemi Coronavirus," ungkap Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha, dalam rilisnya, Kamis.

Baca juga: Kuota Elpiji 3 Kg Sukoharjo Belum Ditambah Jelang Bulan Puasa

Dua Kali Dipangkas

Dalam rilis tersebut juga disebutkan, suku bunga deposito terbaru Bank Mandiri ini berlaku untuk semua nilai deposito dan semua jangka waktu. Misalnya, untuk deposito senilai kurang dari Rp100 juta, bunga sama-sama 2,85 persen untuk tenor atau lama waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Sementara itu, BCA sudah memangkas suku bunga deposito rupiah terlebih dahulu. Dilansir dari situs resmi BCA, Senin (15/3/2021), bunga ditetapkan sebesar 2,85 persen per tahun.

Suku bunga ini berlaku untuk seluruh nilai deposito dan tenor. Kebijakan tersebut berlaku efektif mulai 15 Maret 2021.

Baca juga: Rencana Pemotongan Gaji PNS, Pegawai BUMN hingga Swasta 2,5%, Begini Mekanismenya

Penurunan suku bunga deposito kali ini merupakan kali kedua pada Maret 2021. Sebelumnya, pada 1 Maret 2021, BCA memangkas suku bunga deposito sebesar 10 basis poin dari bunga deposito rupiah sebelumnya senilai 3,00 persen menjadi 2,90 persen.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, sebelumnya mengatakan posisi bunga deposito yang rendah sangat cocok untuk kondisi likuditas dan kepercayaan nasabah saat ini.

Suku bunga deposito rendah ini akan sangat membantu debitur pembiayaan yang membutuhkan suku bunga lebih rendah. Dengan suku bunga pinjaman yang rendah, masyarakat akan tergerak untuk mengajukan kredit guna membiayai berbagai keperluan, mulai dari konsumsi hingga modal kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya