SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan penyaluran kredit pada 2019 tumbuh sekitar 10%. Dengan demikian Bank Mandiri harus siap mengucurkan Rp22 triliun ke Jateng dan DIY.

Regional CEO Bank Mandiri Jateng & DIY Maswar Purnama menyampaikan, pada semester I/2019 kinerja cabang Bank Mandiri tersebut cenderung meningkat. Penyaluran kredit bertumbuh 10% year on year (yoy), sedangkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) meningkat 3% yoy.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sampai akhir 2019, penyaluran kredit diharapkan bertumbuh stabil 10% yoy dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp22 triliun. Adapun, pengumpulan DPK diprediksi naik 5%-6% yoy pada tahun ini menuju Rp41 triliun.

“Pertumbuhan kredit kita cukup bagus, sejalan dengan kinerja Bank Mandiri secara nasional,” tuturnya saat kunjungan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) ke Kantor Bank Mandiri di Kota Semarang, Jawa Tengah belum lama ini.

Pada 2019, Bank Mandiri mengincar pertumbuhan kredit 10%-12% yoy, dengan realisasi pada paruh pertama sebesar 9,5% yoy. Per Juni 2019, emiten bersandi saham BMRI tersebut menyalurkan kredit Rp690,5 triliun.

Maswar mengatakan untuk meningkatkan penyaluran kredit, pihaknya mengandalkan sektor infrastruktur. Sejumlah proyek potensial ialah tol Solo-Yogyakarta dan Bawen-Jogja, serta proyek bendungan dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Peningkatan infrastruktur turut mendorong pertumbuhan sektor perekonomian Jateng dan DIY lainnya, seperti pariwisata. Efek berganda pariwisata memengaruhi sektor perhotelan, restoran, kafe, dan kerajinan tangan.

Bisnis kerajinan tangan masih didominasi pelaku skala UKM. Oleh karena itu, Bank Mandiri regional Jateng dan DIY mengincar pertumbuhan kredit mikro hingga 27 persen yoy pada tahun ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya