SOLOPOS.COM - Aktivitas perbankan di Bank Jateng. (JIBI/Solopos/Dok.)

Bank Jateng bakal spin off atau memisahkan unit usaha syariah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bank Jateng menargetkan sumber daya manusia (SDM) terbaik untuk rencana spin off atau pemisahan unit usaha syariah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami punya aspirasi dari pemegang saham, yaitu membangun fondasi spin off. Undang-undang mengamanatkan setelah 15 tahun, semua Unit Usaha Syariah (UUS) harus pilih antara spin off atau tutup,” kata Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya di Kota Semarang, Kamis (27/7/2017).

Ia mengatakan dalam hal ini Bank Jateng sangat berkepentingan untuk membangun pondasi yang lebih kuat. “Salah satu yang diutamakan adalah SDM yang masuk ke dalam spin off unit usaha syariah Bank Jateng adalah SDM terbaik,” katanya.

Ia mengatakan kondisi tersebut harus diimbangi dengan kondisi kapital bank yang lebih kuat, salah satunya aset risiko berada di kisaran Rp10 triliun-Rp12 triliun. “Dengan kapital yang kuat, kami bisa bayar SDM sesuai standar. Di bawah itu berat untuk mengoperasikan perusahaan yang baik. Gaji kecil tidak mungkin bisa jadi bank keren,” katanya.

Dalam hal ini, SDM yang dijaring untuk mengoperasikan unit usaha syariah tersebut harus memiliki kompetensi mumpuni di bidang perbankan. “Kami sudah mencari terobosan agar orang yang datang ke kami adalah mereka yang memang memiliki kompetensi di bidang perbankan. Paling tidak dari sisi kualitas SDM sekaligus infrastruktur harus sekelas dengan bank,” katanya.

Sebelumnya, mengenai rencana spin off unit usaha syariah tersebut, Hana mengatakan dalam rencana bisnisnya, spin off akan dilakukan di kisaran tahun 2021-2022. Dengan dilakukannya spin off tersebut, pihaknya optimistis akan dapat memperluas pasar Bank Jateng, salah satunya melalui penerbitan sukuk.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya