SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Beberapa Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap danai ekspansi PT Pertamina (Persero) menambah saham di PT Donggi Senoro LNG (DSL). Bank BUMN tersebut antara lain PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Demikian hal itu dikemukakan oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (18/6). “Bank BUMN siap membantu pendanaan untuk kebutuhan investasi di Donggi Senoro,” katanya.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Ia mengatakan, pihaknya memang mendorong Pertamina untuk menambah kepemilikan saham di lapangan gas Donggi-Senoro. Saat ini, Pertamina menguasai 29 persen saham di tempat tersebut. Menurut Mustafa, pemerintah ingin Pertamina menguasai saham sebanyak-banyaknya di tempat tersebut. “Kalau ada yang jual, Pertamina bisa langsung ambil,” ujarnya.

Porsi kepemilikan Donggi-Senoro saat ini dipegang oleh Mitsubishi sebanyak 51%, Pertamina 29% dan PT Medco Energi Internasional Tbk 20%. Proyek Donggi Senoro diperkirakan menelan dana sebesar US$ 3,4 miliar untuk investasi di sektor hulu sekaligus hilirnya. Sektor hilir sendiri diperkirakan membutuhkan dana sebesar US$ 1,8 miliar.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya