Tutup Iklan

BANJIR WONOGIRI : Sungai Karangturi Meluap, Jalan dan Rumah Warga Kebanjiran

BANJIR WONOGIRI : Sungai Karangturi Meluap, Jalan dan Rumah Warga Kebanjiran

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir di Wonogiri. (Istimewa)

Banjir Wonogiri, sedikitnya 10 rumah dan jalan Nguntoronadi kebanjiran air luapan Sungai Karangturi.

Solopos.com, WONOGIRI — Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan air Sungai Karangturi di Nguntoronadi, Wonogiri, meluap, Jumat (14/10/2016) malam. Luapan air sungai tersebut sempat menggenangi jalan dan sekitar 10 rumah warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, menginformasikan hujan terus mengguyur wilayah Wonogiri sejak Jumat sore. Kemudian pada pukul 20.00 WIB, Sungai Karangturi mulai meluap.

Air sempat menggenangi ruas jalan Karangturi-Tirtomoyo wilayah Tukluk RT 004/RW 003, Kulurejo, Nguntoronadi. Beberapa rumah warga di Sambeng RT 002/RW 002 Kulurejo juga terendam.

“Ada tiga rumah yang terendam. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa,” kata dia, Sabtu (15/10/2016).

Bambang mengatakan pada Sabtu siang genangan air tersebut sudah surut. Namun begitu, dia mengimbau warga tetap waspada mengingat curah hujan masih tinggi.

Di sisi lain, lalu lintas di jalan Watuagung-Pidekso, tepatnya di Desa Bumiharjo, Giriwoyo, tersendat karena ada ruas jalan yang nyaris longsor. Kondisi saat ini ruas jalan tersebut hanya dapat dilewati kendaraan roda dua sebab salah satu sisinya sudah hampir longsor.

Tanah di tepi jalan sudah longsor. “Saat ini tim BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum sedang mengecek kondisi jalan untuk langkah penanganan darurat,” kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Desa Kulurejo, Nguntoronadi, Aris Hartanto, mengatakan sebelum sungai meluap wilayah itu diguyur hujan deras sejak sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kemudian sungai meluap. Jalan utama Karangturi-Tirtomoyo sempat terendam. Namun, sekitar pukul 23.00 WIB air sudah surut. Sedangkan rumah warga yang terdampak ada tujuh rumah di wilayah Sambeng,” kata dia, Sabtu.

Pada Sabtu pagi, warga sudah bekerja bakti membersihkan rumah-rumah yang terdampak luapan sungai.

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar