SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Musibah banjir Thailand agaknya akan dimanfaatkan oleh industri otomotif Indonesia. Pemerintah optimistis pertumbuhan industri otomotif nasional bakal lebih cepat lantaran ada kemungkinan relokasi sebagian produksi dari negeri Gajah Putih itu.

“Produksi mobil 1 juta unit yang sebelumnya ditargetkan tercapai pada 2014 bisa dipercepat setahun,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat, di Jakarta, Selasa (1/11).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hidayat mengatakan, saat ini sejumlah produsen otomotif nasional mengambil ancang-ancang untuk meningkatkan kapasitas produksi. Hal yang sama juga dilakukan pabrikan komponen otomotif. “Bahkan ada rencana sejumlah produsen komponen di Thailand akan merelokasi produksi ke Indonesia.” ujarnya.

Namun demikian Hidayat mengakui saat ini infrastruktur di Indonesia masih jadi penghambat upaya relokasi tersebut. Sebagai solusi, pemerintah menyiapkan sentra produksi di beberapa kawasan industri, seperti Cibitung di Bekasi serta Karawang.

Infrastruktur tambahan pun disiapkan seperti pembangunan pelabuhan peti kemas di Cilamaya, Karawang. Untuk mempercepat penataan dan penyediaan infrastruktur industri tersebut, lanjutnya, pemerintah berencana akan menawarkan kerjasama dengan investor asing dengan sistem built, operate and transfer (BOT).

“Dengan cara itu pembangunan bisa dipercepat karena tidak terlalu membutuhkan anggaran negara,” kata dia.

Banjir yang terjadi sejak Juli lalu membuat kawasan Thailand tengah dan utara tergenang banjir. Aktivitas pabrik otomotif yang berlokasi disana pun terganggu. Salah satunya ialah Honda Automobile Thailand di Ayutthaya, yang sudah menghentikan produksinya sejak 4 Oktober.

Banjir juga berdampak pada pabrik lain seperti Toyota di Chachoengsao, Nissan di Samut Prakarn, Mitsubishi di Chon Buri, Auto Alliance di Rayong, serta Izusu di Chachoengsao.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya