SOLOPOS.COM - IIustrasi Lahar hujan Merapi (/JIBI/Solopos/Antara)

IIustrasi Lahar hujan Merapi (JIBI/Solopos/Antara)

IIustrasi Lahar hujan Merapi (/JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, MAGELANG—Sebuah truk yang sedang menaikkan muatan pasir diterjang banjir lahar hujan Gunung Merapi dan terseret sekitar 200 meter di alur Sungai Juweh di Dusun Windu Sabrang, Desa Wonolelo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Truk dengan nomor polisi AD 1537 IJ yang dikemudikan Daryono,52, warga Boyolali tersebut mengalami rusak parah pada kabin dan bak truk.

Ekspedisi Mudik 2024

Seorang saksi mata Sukimin,43, mengatakan warga sebenarnya sudah memperingatkan agar truk tidak turun ke sungai karena kawasan puncak Merapi sedang hujan deras, namun sopir tetap nekat.

Ia mengatakan banjir lahar hujan tersebut cukup besar dengan ketinggian satu meter dan lebar sekitar 50 meter. Banjir lahar hujan ini diawali hujan deras di kawasan lereng barat Gunung Merapi mulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Seorang sukarelawan Suroto mengatakan sebanyak enam truk sempat terjebak banjir di alur Sungai Pabelan atas serta 10 truk lainnya di alur Sungai Apu. Sejumlah truk tersebut terjebak karena jalan yang akan dilalui putus setelah diterjang banjir lahar hujan.

“Mereka sudah masuk lokasi penambangan namun jalannya putus. Informasinya ada satu alat berat yang ikut terjebak banjir. Namun medannya sangat sulit dijangkau,” katanya seperti dikutip Antara.

Sukarelawan yang lain Suranto mengatakan hujan di lereng barat Gunung Merapi tersebut juga menimbulkan tebing longsor di Dusun Karang, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Hal ini membuat jalur alternatif Magelang-Boyolali terputus selama beberapa jam.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Joko Sudibyo mengatakan banjir lahar tetap menjadi ancaman karena endapan volume material sisa erupsi 2010 masih mencapai jutaan meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya