SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenggelam. (Medicalnewstoday.com)

Banjir Subang semalam menyebabkan lima warga tewas, 1 hilang, dan puluhan rumah rusak.

Solopos.com, SUBANG — Ratusan warga Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengungsi akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada Minggu (22/5/2016) malam. Sebanyak 32 unit rumah rusak karena terbawa arus banjir bandang dan lima orang dikabarkan meninggal dunia, serta satu orang masih hilang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolres Subang AKBP Agus Nurpatria, saat dihubungi di Purwakarta, Senin, mengaku sudah melakukan evakuasi korban serta mengungsikan ratusan korban banjir bandang. “Sesuai pendataan, sudah ada 388 warga yang mengungsi. Mereka terpaksa diungsikan untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang susulan,” katanya.

Ratusan personel gabungan diturunkan ke lokasi bencana. Terdiri atas 165 personel kepolisian beserta satu pleton Brimob, sebanyak 50 personel TNI dari Kodim 0605/Subang.

Selain itu, diturunkan pula personel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, Taruna Siaga Bencana, Dinas Sosial, serta Dinas Kesehatan setempat. “Kita juga menggelar pengamanan rumah warga yang mengungsi,” kata kapolres. Petugas juga mendirikan Pos Penanggulangan Bencana serta membangun dapur umum di sekitar kantor Desa Sukakerti.

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Subang, Jajang, mengatakan, bencana alam banjir bandang itu terjadi saat terjadi hujan deras di wilayah Cisalak yang berada di ketinggian kawasan Gunung Bukit Tunggul. Di Desa Bukanagara, terjadi tiga titik longsor yang akhirnya membendung Sungai Cihideung.

“Saat longsorannya membendung sungai, longsoran di sungai itu akhirnya jebol dan menerjang perkampungan di bawahnya, yakni Kampung Cihideung,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya