SOLOPOS.COM - Warta bantaran memilih tetap mengungsi di tanggul Sungai Bengawan Solo karena takut air kembali meluap dan menggenangi rumah mereka, Rabu (30/11/2016) siang. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Banjir Solo surut namun warga masih mengungsi.

Solopos.com, SOLO — Warga bantaran Sungai Bengawan Solo di wilayah Kelurahan Sangkrah dan Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (30/11/2016), bertahan di pengungsian meski banjir yang menggenangi rumah mereka telah surut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan di bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah RW 013 Sangkrah, Rabu siang, ratusan warga masih menempati tenda-tenda darurat yang didirikan di tanggul. Sebagian dari mereka kembali ke rumah hanya untuk membersihkan kotoran sisa luapan air sungai sekaligus mengamankan barang-barang yang tertinggal.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk diketahui, warga bantaran mulai mengungsi sejak volume air Sungai Bengawan Solo naik, Senin (28/11/2016) malam. Seorang warga bantaran Sungai Bengawan Solo, wilayah RT 005/RW 013 Sangkrah, Samid, 46, mengaku khawatir volume air Sungai Bengawan Solo tiba-tiba naik hingga menggenangi rumah warga.

“Warga belum berani pulang. Cuaca belum begitu cerah. Air Sungai Bengawan Solo juga masih cukup tinggi meski tidak separah kemarin [Senin-Selasa]. Sementara kami bertahan dahulu di tanggul. Barang-barang sudah kami amankan semuanya. Beberapa barang ternyata hanyut terbawa arus Sungai Bengawan solo,” kata Samid  di tanggul Sungai Bengawan Solo.

Warga bantaran Sungai Bengawan Solo lainnya di wilayah RT 005/RW 013 Sangkrah, Triono, 25, mengaku belum berniat kembali ke rumah karena khawatir jika volume air Sungai Bengawan Solo kembali meluap.

Sementara itu, Bendahara II Sibat Semanggi, Lilik Ruly Wiyati, 44, mengabarkan hampir seluruh warga bantaran masih mengungsi di tanggul maupun di rumah warga di balik tanggul hingga Rabu siang.

Dia menyebut Sibat Semanggi tetap memberikan bantuan makanan berupa nasi bungkus ke pengungsi pada Rabu pagi dan siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya