SOLOPOS.COM - Lurah Pasar Kliwon, Roh Warsito, menelepon sejumlah pihak untuk berkoordinasi di lokasi banjir belakang RS Kustati, Minggu (19/6/2016) pagi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Banjir Solo, Lurah Pasar Kliwon memilih menggunakan dana pribadi untuk warga yang terdampak banjir.

Solopos.com, SOLO–Lurah Pasar Kliwon Roh Warsito memilih mengeluarkan uang pribadi untuk menyediakan kebutuhan konsumsi dan obat-obatan bagi warga yang terdampak banjir, Minggu (19/6/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Roh Warsito menyampaikan Pemerintah Kelurahan tidak punya anggaran khusus untuk penanganan bencana. Selain itu, lanjut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak memberikan bantuan secara cepat untuk penanganan bencana.

“Enggak papa [keluar uang pribadi]. Warga butuh makanan dan obat-obatan. Yang enggak puasa, ibu-ibu bisa masak buat persiapan nanti buka atau anak-anak yang ingin makan. Harus beli beras sama mi,” jelas Roh Warsito kepada Solopos.com di sela-sela meninjau lokasi banjir di belakang RS Kustati, Minggu.

Roh Warsito menyampaikan BPDB mau memberikan bantuan, tapi tidak tahu waktunya kapan. Dia memilih untuk mengeluarkan dana pribadi untuk mencukupi kebutuhan warga. Berdasarkan laporan dari berbagai pengurus RW di Pasar Kliwon, Roh Warsito menyampaikan sementara belum ada warga yang sakit hingga harus dirawat di rumah sakit atau puskesmas.

“Kalau pas ada gini [bencana] kami baru koordinasi untuk pembelian obat dan konsumsi. Sementara warga bisa istirahat di Bakritex. Kami upayakan pelayanan bisa semaksimal mungkin. Jangan sampai ada warga yang merana,” jelas Roh Warsito.

Dia menyebut sejumlah warga Pasar Kliwon juga saling bantu membantu menyediakan konsumsi, tempat istrahat, dan obat-obatan.

Roh Warsito menyampaikan sedikitnya ada lebih dari 200 KK di Pasar Kliwon yang terdampak banjir. Warga yang terdampak banjir di wilayah RW 012, 011, 010, 001, 003 di tepi Kali Jenes dan warga RW 007 di perkampungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya