SOLOPOS.COM - Ilustrasi pompa air di Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Bengawan Solo meluap menyebabkan banjir di wilayah Sangkrah, Pasar Kliwon Solo, Sabtu (22/2/2014) malam.

Koordinator Rumah Pompa Solo, Purwoko, Minggu (23/2/2014), mengatakan sejumlah mesin pompa telah diaktifkan sejak Sabtu pukul 19.30 WIB untuk menetralisir debit air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mesin pompa tersebut terletak di Joyotakan, Demangan dan Langenharjo. Di Joyotakan, permukaan air sudah naik sekitar 2 meter. Bahkan di Sungai Tanggul, anak Bengawan Solo, debit air sudah cukup besar sehingga memaksa petugas menutup pintu air di dekat sungai.

Pihaknya meminta warga yang berdomisili di wilayah bantaran sungai waspada lantaran permukaan air bergerak cepat belakangan ini. “Yang paling mudah jangan membuang sampah ke sungai. Material sampah bisa menyumbat pintu air yang menyebabkan luapan air sungai,” pesannya.

Dia menambahkan banjir kiriman bisa datang kapan saja dari wilayah Klaten dan Matesih. Daerah ini diguyur hujan deras dua hari terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya