SOLOPOS.COM - Banjir setinggi pinggang menggenagi kampung Totosari Rw14, Pajang, Laweyan Solo, Selasa (4/10/2016). Banjir akibat luapan Kali Kleco tersebut akibat air kiriman dari daerah Kartasura, dan Boyolali. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Banjir Solo juga menggenangi wilayah Tipes, Serengan.

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya 30 rumah di Kelurahan Tipes, Serengan, kemasukan air luapan Sungai Tanggul, Selasa (4/10/2016) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lurah Tipes, Suharudi, mengatakan puluhan rumah tersebut masuk ke dalam wilayah RW 11, 12, 13, dan 15 Tipes. Dia memastikan tidak ada warga di sekitar aliran Sungai Tanggul itu yang sampai mengungsi.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, warga harus mengevakuasi barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi. “Air Sungai Tanggul meluap hingga masuk ke rumah warga. Meski demikian, belum ada warga yang mengungsi. Mereka sementara naik ke tempat yang lebih tinggi di rumah masing-masing. Semoga air bisa lekas surut. Ini sudah 30 rumah yang kemasukan air,” kata Suharudi saat dimintai informasi Solopos.com, Selasa pukul 22.15 WIB.

Suharudi yang saat itu tengah meninjau genangan di RW 13 Tipes tersebut mengatakan genangan air yang masuk ke rumah warga Tipes tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 30 sentimeter (cm).

Dia mengimbau warga untuk tidak tidur terlebih dahulu untuk mengantisipasi luapan air lebih banyak. Disinggung soal persiapan dari Pemerintah Kelurahan Tipes dalam penanganan bencana, dia menyebut, akan terus menjalin koordinasi dengan BPBD Solo.

Pemerintah Kelurahan tidak memiliki alokasi dana khusus untuk penanggulangan bencana, seperti menyediakan makanan darurat, obat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, berdasarkan infoemasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai lurah di Pasar Kliwon, tidak ada luapan pada Kali Jenes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya