BANJIR SEMARANG : Tanggul Sungai Beringin Jebol Lagi, 150 Rumah Terendam Air Bah

BANJIR SEMARANG : Tanggul Sungai Beringin Jebol Lagi, 150 Rumah Terendam Air Bah

SOLOPOS.COM - warga yang kurang beruntung terendam bencana banjir di Mangkang, Kota Semarang, ibu kota Jateng, Jumat (9/2/2018) malam, (Facebook.com-Ayah Nya Afa)

Banjir kembali melanda Kota Semarang dan membuat 150 rumah warga terendam air.

Solopos.com, SEMARANG - Sekitar 150 rumah di Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, jawa Tengah terendam air akibat jebolnya tanggul Sungai Bringin, Jumat (9/2/2018) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Agus Harmunanto, mengatakan ada beberapa titik tanggul di Sungai Bringin yang jebol sehingga memicu bencana banjir di Kota Semarang, Jateng.  "Tanggul jebol di beberapa titik, tapi semua di wilayah Mangkang Wetan. Tanggul jebol yang paling panjang sekitar 15 m," ujar Agus saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat.

Jebolnya tanggul Sungai Bringin itu disebabkan derasnya hujan yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat sore. Kondisi itu pun membuat volume air kian tinggi sehingga bencana banjir pun menerjang permukiman warga kawasan Kota Semarang, Jateng itu.

Agus menyebutkan ketinggian air yang menerjang permukiman warga itu berkisar 70 cm-1 m. Meski demikian, banyak warga enggan mengungsi dan memilih bertahan di rumah mereka.

"Mereka memilih bertahan di rumah dan menjaga hartanya. Tapi ada juga beberapa warga yang kita pindahkan ke masjid atau bangunan yang lebih tinggi demi keselamatan," tutur Agus.

Selain Mangkang Wetan, banjir di Semarang yang diakibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi juga melanda kawasan pinggir Sungai Kanal Banjir Timur (BKT) atau yang akrab disebut Sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Beberapa lokasi yang terendam banjir itu antara lain Kelurahan Sawah Besar maupun Kaligawe.

"Di sana memang langganan banjir, tapi kita sudah mengantisipasi," jelas Agus.

Agus menambahkan pihaknya sudah mengirimkan personel dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanggulangan tanggap darurat banjir. "Ini tergolong besar, tapi semoga cepat terkondisi. Kita sudah menyiapkan logistik dan peralatan lainnya," imbuh Agus.

Banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Bringin ini bukan kali pertama yang terjadi. Awal pekan ini, Senin (5/2/2018), tanggul Sungai Beringin juga jebol dan menyebabkan banjir di permukiman warga. (Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).