Banjir Semarang Makan 2 Korban Jiwa, 1 Tersengat Listrik

Banjir menerjang 76 kelurahan di 10 Kecamatan dan menewaskan dua orang.

 Sejumlah wilayah di Kota Semarang diterjang banjir, Sabtu (6/2/2021). (detik.com)

SOLOPOS.COM - Sejumlah wilayah di Kota Semarang diterjang banjir, Sabtu (6/2/2021). (detik.com)

Solopos.com, SEMARANG -- Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kota Semarang, Sabtu (6/2/2021). Sedikitnya 76 kelurahan terdampak. Selain itu satu warga meninggal akibat tersengat listrik saat banjir.

"Kurang lebih ada 76 kelurahan [terendam banjir]," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Winarsono, lewat pesan singkat kepada wartawan, Sabtu .

Banjir terjadi di beberapa wilayah di 10 kecamatan yaitu Tugu, Semarang Barat, Semarang Utara, Semarang Tengah, Semarang Selatan, Ngaliyan, Pedurungan, Semarang Timur, Gayamsari, dan Genuk.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Petugas PLN Tetap Lakukan Pemulihan Gangguan Listrik

Selain banjir, longsor juga terjadi di beberapa lokasi di Ibu Kota Provinsi Jateng tersebut. Di antaranya di Genuk Krajan, Jomblang, Tegalsari, Kecamatan Candisari bahkan ada yang menyebabkan satu korban meninggal dunia dan satu orang hilang masih dalam pencarian.

Kawasan Kota Lama, Kota Semarang, tak luput dari terjangan banjir, Sabtu (6/2/2021). (detik.com)

Selain itu ternyata ada juga seorang warga yang meninggal akibat kesetrum listrik. Warga Bugangan, Kecamatan Semarang timur, itu kesetrum di rumahnya yang terendam banjir.

"Meninggal dunia kesetrum listrik di rumah waktu tancapkan stok kontak, karena di dalam banjir. Atas nama M Imron," katanya.

Baca juga: Cerita Sedih Pengelola Objek Wisata di Tawangmangu, Sehari Hanya 2 Pengunjung

Dari pantauan siang tadi, sejumlah jalan utama yang terendam banjir antara lain Jl. Soekarno Hatta, Jl. Bubakan, jalan Kota Lama, jalan Stasiun Tawang, begitu juga di jalur pantura di Mangkang dan Terboyo.

Menteri PUPR Turun Langsung

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, turun ke lapangan meninjau banjir di kawasan Kota Lama Semarang. Basuki menyebut siklus hujan lebat hari ini terjadi 50 tahunan. Basuki didampingi Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanto Rahayu atau Ita. Ia mengatakan berdasarkan data BMKG memang diprediksi terjadi hujan ekstrem.

"Berdasarkan data curah hujan, ini ekstrem seperti prediksi BMKG, 171 milimeter hujan, menurut hitungan hidrologi. Return period atau periode ulangnya 50 tahunan," kata Basuki di kawasan Berok Kota Lama, Sabtu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanto Rahayu cek banjir di Kota Lama Semarang. (istimewa/detik.com)

Pompa di Kota Lama Semarang, lanjut Basuki, terkendala satu buah sehingga dari tiga pompa, baru 2 yang aktif. Ia memerintahkan agar segera ditangani.

"Dipompa ada 3 pompa, satu masih macet akan diperbaiki dan hidupkan," tegasnya.

Terkait banjir di Kota Semarang, memang terjadi luapan di sungai yang masuk wilayah alai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana yaitu Kali Beringin Mangkang da Kali Plumbon Kaligawe.

"Kalau penanganan banjir di Semarang, hari ini di kali Bringin juga meluap kemudian di kali Plumbon Kaligawe meluap. Itu sebenernya kebetulan air pasang tinggi, 1,4 meter. Pompa memang menentukan," tegasnya.

Baca juga: Sudah Terima Ganti Rugi, Ini Larangan untuk Warga Terdampak Tol Solo-Jogja

Sementara itu Wakil Wali Kota Semarang, Ita mengatakan penangan terus dilakukan untuk mengatasi banjir. Kali Beringin pun sudah mulai untung normalisasi namun sudah dihantam cuaca ekstrim.

"Kami melakukan berbagai penanganan, di Beringin sudah bertahun-tahun begitu. Itu kan yang di cekungan. Di Jalan Kuda, Wonosari, Ngaliyan itu juga," ujarnya.

Untuk diketahui, hari ini Kota Semarang dikepung banjir. Jalur utama seperti Pantura di Mangkang dan Terboyo juga terendam sehingga menyebabkan gangguan lalulintas. Sejumlah kawasan di 10 Kecamatan juga.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Sudah Punya 20, Kota Semarang Bakal Ketambahan 4 Rumah Sakit Anyar, Mana Saja?

Akan ada empat rumah sakit (RS) baru di Kota Semarang. Dengan tambahan rumah sakit ini diharapkan bisa mengakomodasi pasien Covid-19 yang banyak.

Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang Kini Jadi Perkantoran, Ini Lokasinya!

Dahulu memiliki luas hingga 81 ha, istana konglomerat Asia Tenggara di Semarang kini berubah jadi perkantoran. Kira-kira di mana lokasinya?

Ganjar Sebut Jateng Segera Bentuk Brinda, Ini Fungsinya

Usulan pembentukan Brinda ini bahkan sudah masuk dalam pembahasan antara Pemprov Jateng dengan DPRD Jateng dalam rapat paripurna.

Hubungan Tak Direstui, Pemuda di Grobogan Nekat Gantung Diri

Cerita keluarga hubungan korban tidak direstui orang tua kekasihnya diduga itu yang membuat pemuda di Grobogan gantung diri.

JoMan Usung Ganjar Jadi Capres, Ini Reaksi Gubernur Jateng

Selama ini, Ganjar memang terkesan acuh setiap ditanya perihal dukungan sejumlah kelompok terkait pencalonannya sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Innalillahi, 99 Anak Salatiga Kehilangan Orang Tua Gegara Covid-19

Catatan Pemkot Salatiga, sejak awal pandemi hingga Agustus 2021, sudah ada 99 anak di Salatiga yang kehilangan orang tuanya karena terpapar Covid-19.

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Rekonstruksi Pembunuhan Taruna PIP Semarang Digelar, Polisi Temukan Fakta Baru

Polisi menggelar reka ulang penganiayaan taruna PIP Semarang oleh senior yang berujung kematian. Ada sejumlah fakta baru yang terungkap.

Konglomerat Pertama Asia Tenggara Punya Istana di Semarang Seluas 81 Ha, Ini Wujudnya

Konglomerat pertama di Asia Tenggara mempunyai istana megah di Semarang, Jawa Tengah yang konon katanya luasnya mencapai 81 hektare.

Kecanduan Film Porno Buyarkan Mimpi Calon Dokter Spesialis

Ia dijerat dengan Pasal 281 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman dua tahun delapan bulan.

Desa Binaan UKSW Salatiga Jadi Desa Wisata Terbaik 2021 Versi BCA Award

Desa Wisata Tingkir Lor binaan UKSW Salatiga berhasil menjuarai ajang Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 kategori foto desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

Berhentikan Pengendara Motor hingga Terjatuh, Polisi Semarang Dihukum Disiplin

Video saat Bripka Amir menghentikan pengendara hingga terjatuh itu tersebar di media sosial.

Vaksinasi Covid-19 di GOR Sukarno Grobogan Diserbu Warga

Target semula vaksinasi di GOR Sukarno Grobogan hanya 1.000 orang namun ketika pendaftaran dibuka, masuk 1.200 orang.