SOLOPOS.COM - Tim prasarana KAI memperbaiki ruas jalur petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 yang terendam banjir, Minggu (21/2/2021). (Istimewa/KAI Daops VI Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan perjalanan KA jarak jauh dari dan ke Jakarta sebagai dampak adanya banjir di sejumlah daerah.

KAI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa yang tak bisa memanfaatkan layanan perjalanan KA. Hal ini lantaran dampak cuaca ekstrem wilayah Jakarta yang  mengakibatkan perjalanan KA jarak jauh terhambat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan hingga kini ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 sampai KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 cm.

Baca Juga: Diam-Diam Rudy Mantan Wali Kota Solo Sudah Punya Penerus, Ini Sosoknya

Kondisi ini tidak hanya membuat jalur rel tergenang dan menghambat perjalann KA jarak jauuh. Banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan fondasi batu alas pada rel tergerus air.

“Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala. Salah satunya menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air. Dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi tersebut, KAI melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021. Khususnya KA dari dan menuju Jakarta,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Baca Juga: Pesangon Tak Sesuai Aturan, 148 Karyawan Kena PHK Mengadu ke Pemkab Karanganyar

Supriyanto membeberkan jadwal KA yang dibatalkan antara lain keberangkatan dari stasiun Pasar Senen dan Gambir. Kemudian dari atau melintasi Daops VI menuju Pasar Senen, Stasiun Gambir menuju Daops VI, dan KA lewat Daops VI menuju Gambir.

Pembatalan Tiket

“Bagi pelanggan KA yang sudah memesan tiket pada KA yang perjalanannya batal, dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access. Atau melalui loket pembatalan di stasiun. Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100%,” jelasnya.

Baca Juga: Ih… Jorok! Sampah Dibuang Sembarangan Di Sukoharjo Capai 25 Ton Per Hari

Berikut jadwal perjalanan KA jarak jauh yang batal pada Minggu (21/2/2021):

– Pasar Senen menuju/lewat Daops VI Yogyakarta: KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.10 WIB

 

– Dari/lewat Daops VI Yogyakarta menuju Pasar Senen:

1. KA Progo, relasi Lempuyangan – Pasar Senen

2. KA senja utama solo, relasi Solo – Pasarsenen

3. KA Singasari, relasi Blitar – Pasarsenen

4. KA Jayakarta, relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen

5. KA Bengawan, relasi Purwosari – Pasarsenen

 

-Stasiun Gambir menuju/lewat Daops VI Yogyakarta

1. KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan Gambir pukul 17.00 WIB

2. KA 72A Gajayana (Gambir-Malang) keberangkatan Gambir pukul 18.10 WIB

3. KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan Gambir pukul 20.00 WIB



 

– KA lewat Daops VI Yogyakarta menuju Gambir

1. KA Bima, relasi Surabaya Gubeng – Gambir

2. KA Gajayana, relasi Malang – Gambir

3. KA Argo Dwipangga, relasi Solobalapan – Gambir

Sumber: PT KAI Daops VI Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya