SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota tim gabungan dari BPBD, TNI, dan Polri Magetan membersihkan material lumpur dan batu yang diakibatkan banjir bandang, Senin (10/10/2016). (Istimewa)

Banjir Magetan, banjir bandang yang terjadi dalam waktu singkat merusak gudang dan sembilan rumah warga.

Madiunpos.com, MAGETAN — Banjir bandang menerjang Desa Ngancer, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, dalam waktu sekitar lima menit, Minggu (9/10/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski hanya sebentar, banjir bandang tersebut mengakibatkan satu gudang dan sembilan rumah warga rusak serta enam hewan ternak hilang terbawa arus air.

Ekspedisi Mudik 2024

Banjir bandang tersebut disebabkan hujan deras pada Minggu sore hingga malam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Agung Lewis, mengatakan banjir bandang itu berlangsung sangat cepat dan singkat, hanya sekitar lima menit.

Namun, dampak yang ditimbulkan cukup besar. Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tetapi satu gudang dan sembilan rumah rusak serta enam hewan ternak hilang terbawa arus air.

Gudang yang rusak merupakan tempat penyimpanan alat berat milik mantan kepada desa setempat. Dua alat molen untuk mengaduk semen dan pasir juga hanyut terbawa arus air.

“Ada enam kambing yang hilang, itu kandangnya rusak diterjang banjir. sedangkan untuk rumah itu juga rusak, karena kemasukan lumpur,” jelas dia, Senin (10/10/2016).

Agung mengatakan pada Senin, anggota BPBD bersama anggota TNI dan Polri serta warga setempat bergotong royong membersihkan rumah warga yang kemasukan material lumpur, pasir, dan batu. Selain itu, tim gabungan juga membuat beronjong untuk jembatan penghubung di desa itu.

“Kami menyingkirkan bebatuan dan memotong sejumlah pohon yang berpotensi tumbang,” ujar dia.

Dia juga mendapat laporan mengenai bencana tanah longsor di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Tanah longsor itu menerjang pengendara sepeda motor yang memboncengkan istri dan anaknya.

Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka. Namun, jalan di desa itu sempat tertutup material longsoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya