Banjir Lowongan di PT KAI, Ini Persyaratannya...

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan dari SLTA, D3, hingga D4/S1.

 Lokomotif dangerbong kereta api tampak dipasang liasan atau hiasan tulisan PT KAI dengan latar warna merah untuk menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. (Istimewa/PT KAI)

SOLOPOS.COM - Lokomotif dangerbong kereta api tampak dipasang liasan atau hiasan tulisan PT KAI dengan latar warna merah untuk menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. (Istimewa/PT KAI)

Solopos.com, JAKARTA — Kabar gembira bagi Anda pencari kerja. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI saat ini tengah membuka rekrutmen untuk berbagai formasi.

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan dari SLTA, D3, hingga D4/S1. Pendaftaran dibuka hingga 24 September 2021.

“KAI memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung bersama KAI melalui rekrutmen ini,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip Bisnis.com, Minggu (19/9/2021).

Formasi yang dibutuhkan pada rekrutmen ini yaitu masinis, kondektur, pengatur perjalanan kereta api (PPKA), petugas langsir (PLR)/petugas rumah sinyal (PRS), dan petugas negative check listrik aliran atas (PNC LAA).

Tanpa Biaya

Ada juga PNC Sintelis, operator KP JR, teknisi workshop depo mekanik JJ, satker teknisi jalan rel dan jembatan, administrasi, staf pelayanan, dan teknisi pemeliharaan sarana.

“Adapun tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah SLTA, D3, dan D4/S1,” ujarnya.

Untuk rincian persyaratan dan tahapan perekrutan, masyarakat dapat mengakses recruitment.kai.id.

Baca Juga: Minta Maaf karena Nyinyiri Santri, Deddy Corbuzier Mengaku Dirinya Bodoh 

“Rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun. Kami mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai info lainnya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan untuk menghindari penipuan berkedok rekrutmen KAI,” imbuh Joni.

Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi pelamar lowongan kerja KAI 2021, yakni warga negara Indonesia (WNI), jenis kelamin bisa pria/wanita, dan sehat jasmani/rohani.

Minimal 7,0

Selain itu, pelamar harus memiliki ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan nilai ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0.

Khusus untuk SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) yang lulus pada 2020 dan 2021, menggunakan nilai pada ijazah dengan nilai rata-rata minimal 7,0 atau 70.

Kemudian, ijazah D3 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal B dari BAN-PT.

Ijazah D4/S1 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan A dari BAN-PT.

Baca Juga: Pengumuman Lur, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik Harga 

Selanjutnya, usia pelamar per 1 September 2021 harus sesuai ketentuan. Tingkat SLTA serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun, tingkat D3 serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 27 tahun, serta tingkat D4/S1 serendah-rendahnya 21 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun.

Badan Ideal

Pelamar juga dipersyaratkan memiliki tinggi minimal 160 centimeter dengan berat badan ideal untuk pria, minimal 155 centimeter dengan berat badan ideal untuk wanita.

Khusus pria formasi masinis, kondektur, PPKA, PLR/PRS minimal 165 centimeter dengan berat badan ideal.

Khusus wanita formasi masinis, PPKA dan pengawas stasiun minimal 160 centimeter dengan berat badan ideal.

Syarat lainnya adalah harus berpenampilan menarik, berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku, serta tidak bertato dan tidak bertindik (pria).

Bebas Narkoba

Pelamar harus tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang (BNN/Kepolisian).

Selanjutnya, pelamar juga tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, dan tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat.

Pelamar juga wajib tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan dan harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan, serta lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen KAI 2021.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ketua DPR Dorong UMK 2022 Naik Demi Buruh

Puan Maharani mengatakan sikapnya tersebut didasari fakta bahwa pada tahun 2021 tidak ada kenaikan upah minimum akibat menurunnya perekonomian nasional.

Pengagum Berat Kemal Attaturk, Sukarno Pernah Usulkan RI Negara Sekuler

Bung Karno menganggap negara sekuler ala Mustafa Kamal Attaturk lebih baik sementara Muhammad Natsir menganggap negara Islam jauh lebih baik.

Kereta LRT Tabrakan Saat Uji Coba di Jakarta Timur, Tak Ada Korban Jiwa

Kedua LRT tersebut tabrakan pada saat pihak LRT tengah melakukan uji coba jalan dan dipastikan tidak ada penumpang di dalam kedua LRT tersebut. 

Prakerja Gelombang 22 Dibuka, Segera Daftar Lewat Prakerja.go.id

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 baru saja dibuka hari ini, Senin, 25 Oktober 2021 dan bisa daftar melalui laman www.prakerja.go.id.

Banggakan Omnibus Law, Presiden Jokowi: ASEAN Layak Meniru Indonesia

Presiden menyebut keberadaan Omnibus Law UU Cipta Kerja dan Undang-Undang Perpajakan menjadi kunci ekonomi Indonesia bertumbuh setelah Covid-19 mereda beberapa bulan terakhir.

Kumpulan Ucapan & Quote Sumpah Pemuda, Penuh Semangat!

Berikut ini terdapat kumpulan ucapan alias quote dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober setiap tahunnya.

Seleksi CASN di Buol Diwarnai Kecurangan, Bagaimana Daerah Lain?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menelusuri apakah praktik kecurangan dalam seleksi CASN juga terjadi di daerah lain atau tidak.

Jadi Syarat Naik Pesawat, Jokowi Minta Harga Tes PCR Jadi Rp300.000

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta harga tes PCR diturunkan menjadi Rp300.000 dan berlaku dalam 3x24 jam.

Ribuan Buruh di 24 Provinsi Siap Demo Tuntut UMP Naik 10 Persen

KSPI bakal menambahkan jumlah peserta aksi hingga berujung pada aksi mogok kerja nasional apabila permintaan itu tidak ditanggapi pemerintah.

UNS Guyur Bonus Melimpah untuk Mahasiswa Peraih Medali PON XX Papua

Mahasiwa UNS peraih medali emas PON Papua mendapatkan pembebasan UKT, kesempatan studi lanjut gratis hingga jenjang S-3 di UNS, dan uang pembinaan Rp4,5 juta.

Jurnalis Suara.com Diintimidasi Jaksa Kejakti Lampung, Begini Ceritanya

Jurnalis Suara.com, Ahmad Amri, mengaku mengalami intimidasi dari seorang jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejakti) Lampung berinisial A saat meliput di Kantor Kejakti Lampung, Jumat (22/10/2021) pagi.

Korban Tragedi Rumah Runtuh di Kalideres Minta Dibawa Pulang ke Kampung

Anak pertama, Andriawan, 19, dari tragedi rumah runtuh di Kalideres menuturkan pesan terakhir ibunya, sebelum ditemukan meninggal di bawah reruntuhan rumah, yakni minta tolong dibawa ke kampung.

Terkuak! Polisi Selidiki Motif dan Hubungan Sejoli Meninggal di Tasik

Kasus penemuan jenazah dua sejoli di kamar kontrakan Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu (23/10/2021) mulai menemukan titik terang, yakni polisi tengah menyelidiki motif dan hubungan dua sejoli tersebut.

Tradisi Revolusi Mental Orang Wolio yang Terlupakan

Orang Wolio dalam konteks sekarang mengacu pada orang Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang tinggal di Kota Baubau.

Mirip Pablo Escobar, Raja Narkoba Paling Dicari di Kolombia Tertangkap

Pasukan keamanan Kolombia menangkap seorang pengedar narkoba yang paling dicari di negara tersebut, Dairo Antonio Úsuga.