Banjir Lowongan di PT KAI, Ini Persyaratannya...

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan dari SLTA, D3, hingga D4/S1.

 Lokomotif dangerbong kereta api tampak dipasang liasan atau hiasan tulisan PT KAI dengan latar warna merah untuk menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. (Istimewa/PT KAI)

SOLOPOS.COM - Lokomotif dangerbong kereta api tampak dipasang liasan atau hiasan tulisan PT KAI dengan latar warna merah untuk menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. (Istimewa/PT KAI)

Solopos.com, JAKARTA — Kabar gembira bagi Anda pencari kerja. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI saat ini tengah membuka rekrutmen untuk berbagai formasi.

Tingkat pendidikan yang dibutuhkan dari SLTA, D3, hingga D4/S1. Pendaftaran dibuka hingga 24 September 2021.

“KAI memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung bersama KAI melalui rekrutmen ini,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip Bisnis.com, Minggu (19/9/2021).

Formasi yang dibutuhkan pada rekrutmen ini yaitu masinis, kondektur, pengatur perjalanan kereta api (PPKA), petugas langsir (PLR)/petugas rumah sinyal (PRS), dan petugas negative check listrik aliran atas (PNC LAA).

Tanpa Biaya

Ada juga PNC Sintelis, operator KP JR, teknisi workshop depo mekanik JJ, satker teknisi jalan rel dan jembatan, administrasi, staf pelayanan, dan teknisi pemeliharaan sarana.

“Adapun tingkat pendidikan yang dibutuhkan adalah SLTA, D3, dan D4/S1,” ujarnya.

Untuk rincian persyaratan dan tahapan perekrutan, masyarakat dapat mengakses recruitment.kai.id.

Baca Juga: Minta Maaf karena Nyinyiri Santri, Deddy Corbuzier Mengaku Dirinya Bodoh 

“Rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun. Kami mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai info lainnya yang tidak bisa dipertanggungjawabkan untuk menghindari penipuan berkedok rekrutmen KAI,” imbuh Joni.

Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi pelamar lowongan kerja KAI 2021, yakni warga negara Indonesia (WNI), jenis kelamin bisa pria/wanita, dan sehat jasmani/rohani.

Minimal 7,0

Selain itu, pelamar harus memiliki ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan nilai ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0.

Khusus untuk SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) yang lulus pada 2020 dan 2021, menggunakan nilai pada ijazah dengan nilai rata-rata minimal 7,0 atau 70.

Kemudian, ijazah D3 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal B dari BAN-PT.

Ijazah D4/S1 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan A dari BAN-PT.

Baca Juga: Pengumuman Lur, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik Harga 

Selanjutnya, usia pelamar per 1 September 2021 harus sesuai ketentuan. Tingkat SLTA serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun, tingkat D3 serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 27 tahun, serta tingkat D4/S1 serendah-rendahnya 21 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun.

Badan Ideal

Pelamar juga dipersyaratkan memiliki tinggi minimal 160 centimeter dengan berat badan ideal untuk pria, minimal 155 centimeter dengan berat badan ideal untuk wanita.

Khusus pria formasi masinis, kondektur, PPKA, PLR/PRS minimal 165 centimeter dengan berat badan ideal.

Khusus wanita formasi masinis, PPKA dan pengawas stasiun minimal 160 centimeter dengan berat badan ideal.

Syarat lainnya adalah harus berpenampilan menarik, berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku, serta tidak bertato dan tidak bertindik (pria).

Bebas Narkoba

Pelamar harus tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang (BNN/Kepolisian).

Selanjutnya, pelamar juga tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, dan tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat.

Pelamar juga wajib tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan dan harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan, serta lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen KAI 2021.


Berita Terkait

Berita Terkini

Toloong...9 Anak Buah Kapal Hilang Ditelan Ombak Laut Bali

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) melakukan pencarian terhadap 9 orang ABK KM Liberty 1 yang hilang ditelan ombak,

Dicolek Soal Tarif PCR Rp96.000, Puan Justru Apreasiasi Jokowi

Puan mengingatkan tarif Rp300.000 masih akan membebani rakyat karena harga tiket transportasi massal banyak yang lebih murah dari harga tes PCR.

Begini Kronologi Polisi Kutalimbaru Cabuli Istri Tersangka Narkoba

Hadi mengaku saat ini Kapolsek beserta kanit serta enam penyidik Polsek Kutalimbaru telah dibebastugaskan.

Syarat PCR untuk Naik Pesawat Resmi Digugat ke PTUN

Joman menganggap Inmedagri yang dikeluarkan Tito Karnavian soal syarat PCR untuk naik pesawat melanggar Undang Undang Dasar (UUD).

Ini Gelar Sukmawati Soekarnoputri Setelah Menganut Agama Hindu

Putri Presiden Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Tarif PCR di India Murah Banget Rp160.000an, Ternyata Ini Sebabnya

Budi Gunadi menekankan pemerintah tidak akan memberikan subsidi harga tes PCR karena harganya sudah cukup murah dibandingkan negara lain.

Presiden Minta Kantin dan Tempat Parkir Diwaspadai, Ada Apa Ya?

Seiring dengan pembelajaran tatap muka yang sudah dimulai, Presiden meminta kewaspadaan tinggi di kantin dan tempat parkir.

Babat Polisi Jahat, Kapolri: Saya Ingin Polri Dicintai Masyarakat

Kapolri ingin polisi menjadi kebanggaan dan dicintai masyarakat.

Lagi 1 Juta Dosis Vaksin Sinovac Diterima Pemerintah Indonesia

Indonesia saat ini adalah salah satu negara dengan capaian vaksinasi tertinggi di dunia dan tetap menjaga ketersediaan vaksin.

Sukmawati: Sukarno Pancasilais, Bebaskan Agama Anak-Anaknya

Sukarno merupakan sosok yang sangat Pancasilais, yang mengajarkan kebinekaan harus menjadi prinsip utama bagi warga negara Indonesia.

Misteri Meninggalnya Atlet Voli Wanita Afghanistan, Ini Fakta Terbaru

Para pemimpin perempuan Afghanistan juga mengklaim merasa terancam. Namun, kebangkitan Taliban dengan memegang kekuasaan juga telah menimbulkan misinformasi.

Angka Kematian Covid-19 Melonjak, Rusia Lakukan Lockdown Parsial

Rusia mencatat angka kematian Covid-19 tertinggi, di tengah lonjakan kasus baru yang memicu otoritas memberlakukan kembali langkah penguncian (lockdown) parsial.