SOLOPOS.COM - Banjir lahar dingin pada akhir November tahun 2011 lalu. (Foto: Dokumentasi)

Banjir lahar Merapi di Desa Argomulyo kini dipantau melalui pos yang dibangun Bank BPD DIY

Harianjogja.com, SLEMAN–Bank BPD DIY memberikan bantuan pembangunan pos pantau banjir lahar hujan di Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Pos pantau yang dibangun pada awal Desember 2015 itu diresmikan Bupati Sleman Sri Purnomo bersama Direktur Utama Bank BPD DIY Bambang Setiawan, Selasa (15/3/2015).

Camat Cangkringan Edi Harmana mengungkapkan, pos pantau itu akan relawan untuk melakukan pemantauan terhadap kondisi Kali Gendol yang melintasi wilayah Desa Argomulyo.

Pemantauan Kali Gendol penting untuk dilakukan karena pada erupsi gunung Merapi tahun 2010 yang lalu, banyak material vulkanis yang tidak ikut tergelincir dan turun kebawah namun menumpuk di daerah dekat puncak Merapi.

“Sehingga jika terjadi hujan lebat dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya sekunder berupa banjir lahar hujan di sekitar lereng gunung merapi terutama di daerah-daerah dekat sungai,” ujar dia dalam rilisnya, Selasa (15/3/2016).

Desa Argomulyo secara geografis dilewati dua sungai besar yang berhulu di gunung Merapi yaitu Kali Opak dan Kali Gendol sehingga sangat berpotensi terdampak banjir lahar dingin, khususnya pada saat musim penghujan.

Oleh sebab itu, pemerintah desa dan warga berinisiatif menggandeng Bank BPD DIY untuk membangun pos pantau banjir di Desa Argomulyo tersebut.

Direktur Utama Bank BPD DIY Bambang Setiawan menyampaikan, program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BPD DIY menyasar kepada empat hal yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan lingkungan hidup.

“Melalui program CSR Bank BPD DIY kategori lingkungan hidup, kami bersama-sama warga Desa Argomulyo membangun pos pantau banjir ini dengan harapan dapat meminimalisir dampak akibat terjadinya bencana alam” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya