SOLOPOS.COM - Potongan video aliran banjir lahar hujan di Kali Woro, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kamis (20/10/2022) sore. (Istimewa/potongan video kiriman warga)

Solopos.com, KLATEN — Hujan deras di puncak Gunung Merapi mengakibatkan terjadi banjir lahar hujan di alur Kali Woro di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kamis (20/10/2022) sore. Tak ada korban jiwa atau material dari banjir lahar hujan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir lahar hujan mengalir di alur Kali Woro wilayah Sidorejo sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, warga dan sukarelawan sudah menerima informasi jika di puncak Merapi terjadi hujan deras.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu warga sekaligus sukarelawan asal Desa Sidorejo, Jenarto, menjelaskan aliran banjir lahar hujan relatif kecil. Tak ada korban jiwa maupun materiil. Saat kejadian, kondisi alur Kali Woro sudah sepi dari penambang maupun truk pengangkut material.

Terkait video yang beredar ihwal sejumlah truk antre di tepi Kali Woro, Jenarto menjelaskan truk yang berjajar itu awalnya mau menyeberang dari arah Desa Balerante (Kecamatan Kemalang) ke Desa Sidorejo (Kecamatan Kemalang).

“Mereka kemudian beralih melintasi jalur lain,” kata Jenarto, Kamis.

Baca Juga: Polda Jateng Pasang 4 Spanduk Larangan Menambang Tanpa Izin di Kemalang Klaten

Aliran banjir lahar hujan hingga di wilayah Cekdam Karangbutan, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang.

“Untuk material yang terbawa arus tidak banyak,” ungkap dia.

Camat Kemalang, Joko Krismanto, membenarkan ada banjir lahar hujan di alur Kali Woro. Namun, dia memastikan tak ada truk maupun penambang yang beraktivitas di alur Kali Woro saat banjir lahar hujan mengalir.

“Posisi sampai saat in tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya