SOLOPOS.COM - LUAPAN LAHAR -- Warga melihat aliran material dari Gunung Merapi yang dibawa air di sepanjang sungai yang meluap akibat hujan lebat, Minggu (1/1/2012) petang. (JIBI/Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Banjir lahar hujan mengancam warga di sepanjang Sungai Gendol dan Opak.

Harianjogja.com, SLEMAN-Camat Kalasan Edi Harmana mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mewaspadai banjir lahar hujan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sadar intensitas hujan pada musim hujan kali ini masih cukup tinggi. Jadi warga kami minta terus waspada, terutama bagi mereka yang tinggal di bantaran Sungai Gendol dan Opak,” ucapnya saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (14/1/2015).

Menurut Edi, ada puluhan kepala keluarga di dusun Jaranan dan Karanglo di Desa Argomulyo yang masih memiliki rumah di dekat Sungai Gendol. Namun sebagian besar sudah jarang ditempati karena masyarakat sudah bersedia tinggal di Huntap Kuwang, Argomulyo, Cangkringan.

“Kadang-kadang mereka memang masih kembali ke rumah asli, tapi saya yakin itu tidak terlalu berbahaya,” paparnya.

Edi menambahkan sudah banyak kantong lahar yang kosong di wilayah Cangkringan, misalnya di Desa Kepuharjo dan Glagaharjo. Aliran lahar hujan bisa mengalir tanpa hambatan. Diharapkan, aliran lahar hujan dapat dikendalikan dan tidak meluap ke permukiman penduduk.

“Daratan pada sebelah barat Sungai Gendol memang cenderung lebih rendah. Namun, di sana sudah dibuat tanggul sementara dengan bronjong. Sungai juga sudah dinormalisasi dan jadi leih dalam,” kata Edi kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya