SOLOPOS.COM - Truk pasir terjebak banjir Sungai Progo, Jumat (5/12/2014). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Banjir lahar hujan di Lereng Gunung Merapi harus diwaspadai

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan ancaman bencana di daerah aliran sungai berhulu Gunung Merapi harus tetap diwaspadai meskipun intensitas hujan cenderung menurun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Potensi terjadinya bajir lahar dingin maupun ancaman bencana lainnya di sepanjang daerah aliran sungai masih tetap ada,” kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kabupaten Sleman Heru Saptono, Kamis (2/4/2015).

Menurut dia, saat ini masih banyak aktivitas penambangan material galian yang dilakukan masyarakat setempat di daerah aliran sungai.

“Penambangan rakyat yang dilakukan manual tanpa alat berat harus tetap mewaspadai potensi-potensi ancamannya,” katanya.

Ia mengatakan, dengan kewaspadaan seperti ini risiko jatuhnya korban baik manusia maupun materiil bisa ditekan. Apalagi, masyarakat setempat sudah memiliki mitigasi yang baik.

“Warga setempat sudah memiliki pengalaman yang baik dalam mitigasi bencana. Dari pembekalan-pembekalan yang sudah banyak kami berikan,” katanya.

Heru mengatakan selain pembekalan mitigasi, juga dibantu dengan alat peringatan dini yang tersebar di beberapa titik di antaranya di Sungai Gendol, Opak, serta Boyong.

“Kewaspadaan bencana yang terjadi di DAS berhulu Merapi ini memang mengacu pada peristiwa yang terjadi di Sungai Bebeng, Srumbung, Magelang [Jawa Tengah]. Beberapa hari lalu, terjadi longsoran tebing sungai,” katanya.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, namun beberapa truk penambang pasir sempat terjebak dan harus dievakuasi. Aktivitas penambangan pasir masih terjadi di sungai wilayah Sleman.

“Di wilayah Jambon [Ngemplak] juga masih ada banyak,” kata Ketua Komunitas Relawan Forum Peduli Bumi [FPB], Nanang Setyoaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya