SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sleman [SPFM], Ancaman banjir lahar dingin Gunung Merapi melalui aliran Sungai Opak saat ini sudah meluas hingga ke daerah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepala Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Suharyono Rabu (30/3) mengatakan, puluhan rumah warga yang terkena banjir lahar dingin berada di tujuh pedukuhan, meliputi Pulerejo, Ngablak, Ledoksari, Randusari, Ringinsari, Pelemsari dan Gendukan.

Banjir itu mengakibatkan satu rumah rusak karena tergerus luapan banjir, sedangkan lainnya sudah dalam kondisi terancam. Suharyono mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan antisipasi terutama di lokasi rawan dengan membuat tanggul penahan di kiri kanan sungai setinggi dua meter, serta melakukan sosialisasi warga di bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaan. Suharyono menambahkan, pihaknya juga terus memantau kondisi aliran Sungai Opak, jika di lereng Merapi turun hujan deras. [ant/tna]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya