SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TERNATE-Gunung api Gamalama di Kota Ternate, Provinsi Maluku, masih terjadi erupsi dan berstatus siaga. Saat ini, masyarakat dilanda kecemasan baru yakni potensi banjir lahar dingin.

“Potensi banjir lahar dingin semakin meningkat seiring bertambahnya curah hujan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/12/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masyarakat diimbau menjauhi Kawasan Rawan Bencana III dan II dari ancaman guguran lava dan awan panas. Ancaman lahar dingin ini berada di Kawasan Rawan Bencana I.

“Saat ini jumlah pengungsi 646 kepala keluarga atau 2.731 jiwa yang tersebar di sembilan pos pengungsian,” kata Sutopo. Tidak ada korban jiwa akibat erupsi Gunung Gamalama ini.

Gunung Gamalama meletus pada 4 Desember sekitar pukul 22.25 WIB lalu. Saat letusan terjadi suasana di Maluku Utara sedang hujan dan mati listrik. Meski demikian, tidak ada laporan kerugian materi akibat letusan gunung ini.

Letusan itu sempat membuat jalur penerbangan komersil Manado-Ternate terganggu. Pada Minggu (11/12) lalu, akhirnya penerbangan Manado-Ternate kembali dibuka. VIVAnews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya