SOLOPOS.COM - Tanggul yang baru selesai dibangun 2 hari lalu jebol diterjang banjir bandang di Dusun Seling, Kebonrejo, Temon pada Kamis (24/11/2016) dini hari. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja).

Banjir Kulonprogo terjadi di Dusun Seling.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Banjir bandang menjebol sebuah tanggul di Dusun Seling, Kebonrejo, Temon pada Kamis (24/11/2016) dini hari. Tanggul selebar 15 meter dan tinggi 5 meter tersebut baru selesai dibangun 2 hari lalu pasca ambrol diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Banjir meluap hingga lebih dari 2 meter dengan arus yang cukup deras sehingga membuat beberapa tembok dan pagar rumah warga roboh. Sejumlah batang pohon dan bebatuan juga ikut terbawa hingga ke halaman rumah warga. Selain itu, banjir juga membawa lumpur masuk ke rumah-rumah warga. Air bah beserta lumpur kemudian sempat merendam puluhan rumah warga setempat setinggi 30 sentimeter.

Diah Dwi Lestari, salah satu korban banjir bandang, mengatakan warga memang sudah mulai waspada sejak hujan deras pada malam sebelumnya. Jelang dini hari, aliran air dari Sungai Seling kemudian mengalir deras dan merobohkan tanggul. Beberapa warga sendiri sebelumnya telah mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga sekitar yang lebih jauh dari sungai.

“Padahal tanggulnya baru selesai dibangun 2 hari lalu malah langsung jebol lagi,”ujarnya ditemui di lokasi kemarin.

Sisa-sisa lumpur masih tampak di sejumlah kediaman warga yang belum sempat dibersihkan. Sebagian warga sudah mulai membersihkan rumah beserta perabotannya. Namun, masih ada rumah yang berantakan beserta perabotannya karena ditinggal mengungsi penghuninya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya