SOLOPOS.COM - Jaksa Agung H.M. Prasetyo (kedua kanan) bersama Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto (kedua kiri) dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (19/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Setelah banjir kritik karena pernyataannya di depan Komisi III DPR belum lama ini, Jaksa Agung menyatakan mendukung KPK.

Solopos.com, JAKARTA — Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mendukung penuh kewenangan penuntutan yang melekat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingat tindak pidana korupsi masih mewabah di Tanah Air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kejaksaan Agung adalah pendukung utama KPK saat ini. Banyak hal yang telah kami lakukan ke KPK,” katanya seusai menerima delegasi China Law Society di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Pernyataan itu sekaligus membantah mispersepsi yang berkembang di publik terkait jawabannya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, Senin (11/9/2017).

Prasetyo mengaku dalam forum itu hanya mambandingkan lembaga antirasuah di Malaysia dan Singapura yang tanpa wewenang penuntutan. Kontras dengan Indonesia, peringkat skor indeks persepsi korupsi dua negara jiran itu lebih tinggi.

“Jadi, bukan saya meminta wewenang penuntutan diserahkan ke Kejaksaan Agung karena itu sepenuhnya kebijakan politik negara seperti apa,” katanya.

Mantan politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini pun kembali mengingatkan bentuk-bentuk dukungan Kejakgung kepada KPK. Saat ini, kata dia, penuntut umum di KPK berasal dari jaksa pilihan Kejagung sebagaimana amanat UU No. 30/2002 tentang KPK.

Padahal, Prasetyo mengatakan Kejakgung masih membutuhkan tenaga jaksa tersebut. Di sisi lain, Kejakgung dan KPK juga masih menjalin kerja sama pelatihan terkait penuntutan.

“Kami tahu persis bahwa tidak pidana korupsi harus ditangani bersama-sama. Itulah pentingnya saling bersinergi,” ujar mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya