SOLOPOS.COM - Tanggul Sungai Cino di Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten, jebol setelah volume air sungai meningkat, Selasa (14/11/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Sekitar 1 hektare sawah di Cawas, Klaten, terendam air akibat tanggul Sungai Cino jebol.

Solopos.com, KLATEN — Tanggul nonpermanen Sungai Cino di Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten, jebol pada Selasa (14/11/2017) malam. Akibatnya, lahan pertanian seluas 1 hektare terendam air sungai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Cawas, M. Nasir, mengatakan tanggul jebol sekitar pukul 20.00 WIB. Panjangnya sekitar 5 meter. “Di Cawas tidak hujan. Namun, volume air itu meningkat karena di wilayah barat hujan deras hingga tanggul sungai tidak mampu menahan banyaknya air. Selain ke sawah, luapan air sungai juga sempat masuk ke permukiman di Desa Gombang namun hanya di jalan kampung,” kata Nasir, Rabu (15/11/2017).

Nasir menjelaskan banyaknya air yang tertahan di wilayah Pogung salah satunya lantaran sampah yang menumpuk terbawa arus sungai. Selain itu, adanya bangunan permanen di pintu air wilayah Desa Soka, Kecamatan Karangdowo, membuat aliran air tak lancar.

“Sebenarnya persoalan itu sudah lama. Tahun lalu juga sudah ada pembicaraan dan bangunan permanen yang dibuat warga itu akan dibongkar karena masuk bangunan ilegal. Namun, memang belum dibongkar hingga kejadian kemarin,” ungkapnya.

Nasir menjelaskan tanggul yang jebol sudah ditutup kembali oleh warga dibantu sukarelawan, TNI, dan Polri menggunakan karung berisi pasir bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Bangunan permanen di pintu air wilayah Desa Soka mulai dibongkar agar tak menghambat aliran air.

Sementara itu, BBWSBS mengoperasikan satu unit ekskavator di Sungai Cino guna menyingkirkan tumpukan sampah agar luapan air sungai tak lagi terjadi. Salah satu perangkat Desa Pogung, Sadiman, mengatakan setiap musim hujan air Sungai Cino kerap meluap hingga menggenangi sawah di desanya.

“Penyebabnya ya masalah sampah itu banyak sehingga aliran air sungai hingga wilayah Soka kurang lancar,” kata dia.

Terkait jebolnya tanggul Sungai Cino, Sadiman menuturkan sawah seluas 1 ha yang baru ditanami padi terendam luapan sungai. Kerugian diperkirakan hampir mencapai Rp10 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya