SOLOPOS.COM - Petugas mengatur arus lalu lintas tol Jakarta-Cikampek saat banjir di Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). (Antara-Fakhri Hermansyah)

Solopos.com, BEKASI -- Sejumlah warga di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terpaksa mengungsi karena banjir yang melanda kawasan tersebut makin meluas hingga merendam pemukiman, Selasa (25/2/2020).

Antara melaporkan banjir yang sebelumnya hanya melanda Kecamatan Babelan, Tarumajaya, dan Muaragembong, meluas hingga Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Selatan, serta Cikarang Pusat.

Promosi BRI Peduli Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Sumbar dan Jabar

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi Muhammad Said mengatakan banjir di beberapa wilayah mulai surut namun ketinggian air banjir justru meningkat di beberapa daerah lainnya.

Diplomasi Sayur Bening untuk Perjodohan Dedy-Sukiman Hadapi Pilkada Sragen 2020

Ekspedisi Mudik 2024

"Dipantau dari lapangan, kondisi saat ini cenderung mulai surut, seperti di Babelan dan Muaragembong. Tapi masih ada rendaman di wilayah Tarumajaya. Kemudian banjir justru naik di beberapa titik di Cikarang," ucap dia.

Di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan banjir merendam sedikitnya 200 rumah dengan 162 kepala keluarga terdampak, sedangkan di Cikarang Utara, tepatnya di Desa Simpangan, banjir merendam tiga kampung dengan ketinggian antara 30 hingga 60 sentimeter.

"Banjir ini merendam puluhan kios dan toko serta puluhan rumah warga. BPBD Kabupaten Bekasi mencatat 190 kepala keluarga terkena dampak dari banjir tersebut," katanya.

2 Paslon Independen Serahkan Dukungan Pilkada Solo, Rudy: Semakin Banyak Kontestan Semakin Baik

Banjir juga merendam puluhan rumah di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat. Hujan yang mengguyur sepanjang malam membuat debit air di Sungai Cibeet meningkat hingga akhirnya meluap. Beberapa warga terpaksa mengungsi.

"Beberapa warga mengungsi namun ada juga yang memilih menunggu perkembangan lanjutan, terutama bagi mereka yang punya hewan ternak. Di lokasi ini tim masih terus bersiaga karena belum ada tanda-tanda debit air turun," kata dia.

Ganjar Pranowo Banjir Pesanan Kaus Gubernur Garis Lucu, Ini Asal-Usulnya

Selain menyalurkan bantuan logistik, BPBD Kabupaten Bekasi beserta puluhan sukarelawan lainnya juga telah membantu membersihkan rumah warga serta saluran air di beberapa titik di wilayah utara.

"Ada di Sukawangi, Muaragembong, Cabangbungin, hingga Sukakarya yang sempat terendam untuk disalurkan logistik. Tim kami pun masih terus bersiaga di wilayah tersebut," ucapnya.

Said mengimbau warga tetap siaga mengingat curah hujan masih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya