BANJIR JATENG : Warga Merapi Sumbang Rumput untuk Ternak Korban Banjir
Ilustrasi banjir (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, KLATEN — Warga lereng Gunung Merapi di Kemalang punya cara unik memberikan bantuan untuk korban banjir. Bukan bantuan beras atau pakaian, mereka mengirimkan rumput sebanyak sepuluh bak truk kepada korban banjir di Pati, Jawa Tengah, Selasa (4/2/2014). Bantuan itu diberikan untuk ternak milik korban banjir yang terlantar selama satu pekan terakhir.

Informasi terlantarnya ternak milik korban banjir itu diperoleh dari sejumlah relawan dari Klaten yang diperbantukan di Pati. Relawan Turahan Awu Lereng Merapi, Suharno Pedhut, mengatakan kerja bakti mencari rumput di Kemalang kemarin diikuti ratusan warga, relawan, TNI serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

“Bantuan untuk korban banjir di Pati sangat mendesak karena sudah satu pekan ternak milik korban banjir terlantar. Rencananya, sekitar sepuluh truk pakan ternak dikirimkan ke Pati pada Selasa malam,” katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (4/2/2014).

Menurutnya, kegiatan sosial tersebut adalah bentuk keprihatian warga lereng Merapi terhadap korban banjir di Pati. Sementara, Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto, mengatakan pihaknya siap untuk mengantar bantuan tersebut hingga sampai ke Pati. Berdasarkan informasi dari sejumlah relawan Klaten di Pati, menurutnya, mayoritas ternak yang terlantar adalah sapi. Pasalnya, sapi tersebut banyak yang ditinggalkan oleh pemiliknya mengungsi, sehingga tidak diberi pakan.

“Ternak milik korban yang terlantar tersebut tidak terpikirkan untuk diurus, sebab yang penting adalah menyelamatkan diri terlebih dahulu,” tegasnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa. Oleh sebab itu, untuk mengurangi beban ekonomi warga, masyarakat Klaten membantu korban banjir di Pati.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho