SOLOPOS.COM - Warga menggunakan gerobak menerobos banjir yang merendam Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta, Senin (13/1/2014). Tingginya curah hujan mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga Jakarta terendam banjir. (JIBI/Solopos/Antara/ M Agung Rajasa)

Solopos.com, JAKARTA – Jakarta, Minggu (19/1/2014) pagi ini masih banjir. Banjir Jakarta  masih menggenangi jalan-jalan.

Pantauan Kantor Berita Antara, sepanjang Jalan Letjen Suprapto arah ke Senen masih tergenang setinggi antara 40 hingga 50cm dan Jalan Yos Sudarso arah Tanjung Priok banjir masih menggenang sekitar 40cm, menurut pesan Traffic Management Center Polda Metro Jaya di akun Twitter-nya.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Jalur Bawah KM 24 Tol Kamal (arah ke Bandara maupun Pluit) sementara ditutup dan dialihkan ke Jalur Atas. Banjir setinggi 70 centimeter juga terjadi di Km 00. 200 tol Halim arah Priok.

Kawasan di wilayah Utara ibukota antara lain Kapuk Muara, Kampung Bandan, Teluk Gong dan Kramat Koja juga dilaporkan tergenang setinggi 40 hingga 60cm.

Sedangkan di Jalan Tipar Timur, Semper Barat, digenangi air dengan ketinggian 90cm.

Selain itu, di depan Lantamal atau WTC Mangga Dua Jalan Gunung Sahari air setinggi 40 hingga 60cm. Pusat perbelanjaan Lotte Mart Boulevard Barat pun tak puput dari genangan air setinggi 50cm.

Selain itu, di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jalan Rasuna Said Kuningan juga digenangi air setinggi 40cm.

Di daerah Daan Mogot, TMC Polda Metro Jaya melaporkan ada genangan setinggi 80cm di jembatan gantung Daan Mogot arah Tangerang. Depan Polsek Tanjung Duren juga digenangi air setinggi 50cm.

Sementara Stasiun Tanah Abang sejak pukul 03.15 WIB dilaporkan rel di lokasi tersebut terendam.

Pintu Air

Sementara itu sebagaimana dikutip bnpb.co.id, beberapa tinggi muka air (TMA) sungai mengalami kenaikan. Beberapa pintu air di Jakarta masih Siaga 1.

Pada Minggu (19/1) pukul 08.00 wib posisi tinggi muka air di beberapa pintu air sungai Siaga I atau Kritis. TMA Pintu Air Karet 670 cm (Siaga I), Waduk Pluit 150 cm, Sunter Utara 155 cm, dan Sunter Selatan 243 cm. TMA di Angke Hulu pada pukul 06.00 wib pada 300 cm (Siaga I).

Kondisi demikian menyebabkan banjir di bagian utara Jakarta akan menerima beban banjir lebih besar. Sementara itu Manggarai turun di Siaga II sejak pukul 01.00 Wib. Namun banjir masih akan menggenang di sekitar bantaran sungai di Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

UPDATE TMA, 19/01, Pkl. 06.00 WIB :
Katulampa 100 cm/G (siaga 3); Pesanggrahan 230 cm/M (siaga 3)
Angke Hulu 300 cm/G (siaga 1);
Cipinang Hulu 140cm/H (siaga 4)
Sunter Hulu 130 cm/G (siaga 4);
Pulogadung 570 cm/H (siaga 3);
Depok 220 cm/G (siaga 3);
Manggarai 910 cm/M (siaga 2);
Karet 680 cm/M (siaga 1);
Waduk Pluit 150 cm/M;
Krukut Hulu 165 cm/H (siaga 3)

Berdasarkan prediksi BMKG, curah hujan masih berpeluang turun dengan intensitas sedang hingga lebat sampai Senin (20/1) terutama pada malam hari. Selasa-Rabu (21-22/1) hujan akan berkurang tapi hari kemudian akan meningkat lagi. Puncak hujan diperkirakan berlangsung hingga awal Februari 2014 nanti.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Bagi warga yang mengungsi ketika selesai makan dari makanan siap saji dihimbau membuang sampah ditempat yang telah disediakan atau bersama-sama menjaga kebersihan di tempat pengungsian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya