SOLOPOS.COM - Aktivitas di pasar darurat Pasar Ir. Soekarno, Kasemi, 65, menata barang dagangannya, Rabu (4/6/2014).(JIBI/Solopos/Ivan Andimuhtarom)

Banjir DIY dan Jateng dapat mempengaruhi ketersediaan bahan pangan.

Harianjogja.com, JOGJA–Bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah dan DIY dikhawatirkan mengganggu jalur distribusi dan produksi bahan pangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banjir yang terjadi di beberapa wilayah dipercaya mengganggu jalur distribusi khususnya bagian selatan. Asekda Perekonomian dan Pembangunan DIY sekaligus Koordinator Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Gatot Saptadi mengatakan, saat ini masih dilakukan pemetaan dampak yang ditimbulkan dari bencana alam yang terjadi.

Ekspedisi Mudik 2024

Gatot mengaku belum ada laporan yang masuk mengenai berapa jalur distribusi yang terganggu. “Kami belum bisa menganalisa karena memang belum ada laporan yang masuk,” ungkap dia ketika ditemui di Kompleks Kepatihan, Jogja, Senin (20/6/2016).

Untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan, banyak cara yang bisa dilakukan misalnya mengalihkan jalur distribusi. Terganggunya jalur distribusi bahan pangan bisa berakibat pada harga bahan pangan yang melambung tinggi. Hal ini harus diantisipasi sehingga harga di pasar tetap terkontrol.

“Kita koordinasikan dulu. Untuk cara, teman-teman teknis yang tahu lebih detail soal jalur perdagangan,” kata dia.

Ketua III TPID DIY Aried Budi Santoso mengkhawatirkan hal serupa. Saat ini, TPID DIY sedang menjajaki lokasi-lokasi yang terdampak banjir dan longsor. “Kita jajaki lokasi yang terdampak itu sentra produksi apa?” ungkap dia.

Harga di pasaran akan terpengaruh jika daerah yang terdampak longsor merupakan sentra komoditas pangan. Selain itu, harga bahan pangan juga akan terpengaruh jika jalur distribusi juga terhambat. TPID akan melihat sejauh mana jalur distribusi terganggu.

“Kalau memang terganggu dan kondisinya seperti itu, solusinya kerja sama dengan daerah lain,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya