SOLOPOS.COM - Foto Banjir di Demak JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Banjir di Demak
JIBI/Harian Jogja/Antara

DEMAK-Sebuah tanggul sungai di Demak, Jawa Tengah jebol karena tak kuat menahan luapan air. Lima desa tergelam, ribuan warga mengungsi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Desa-desa yang tenggelam adalah Jleper, Pecuk, Ngelo Kulon, Mijen, Bengkal, dan Mijen. Kawasan ini berada di sisi utara tanggul Sungai Wulan yang jebol sejak, Rabu (10/4/2013) dini hari. Warga sempat mengungsi sebelum air menenggelamkan permukiman mereka.

“Masih tenggelam sampai sekarang,” kata warga setempat, Ridho, Sabtu (14/4).

Tanggul jebol akibat tidak bisa menampung derasnya air dari bendung Klambu di Grobogan. Beberapa hari terakhir, kawasan itu diguyur hujan deras. Menurut perhitungan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng, debit air Bendung Klambu mencapai titik 400 meter kubik per detik.

“Ada beberapa desa yang masih terkena (banjir), tapi yang paling parah lima desa itu,” kata Ridho.

Lokasi banjir berada di sebelah utara Demak, berbatasan dengan Jepara. Selain Demak dan Jepara, Kudus juga terkena dampaknya. Data BPBD Jateng, dari tiga daerah itu, setidaknya 2 ribu orang mengungsi. Sebagian besar diungsikan ke Stadion Welahan, Jepara.

“Dari data yang kami catat, 1.500 kepala keluarga di Demak, 400 kepala keluarga di Jepara, dan 70 kepala keluarga di Kudus,” kata Sarwa saat dihubungi melalui telepon, Jumat (12/4).

Ia menambahkan untuk sementara kebutuhan dasar pengungsi sudah tercukupi. Tujuh dapur umum didirikan di tiga kabupaten tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya