SOLOPOS.COM - Di sisi kanan dan kiri Plengkung Gading banyak terdapat bangunan yang menutupi benteng Kraton Jogja (google img)

Di sisi kanan dan kiri Plengkung Gading banyak terdapat bangunan yang menutupi benteng Kraton Jogja (google img)

JOGJA—Pemerintah Kota Jogja akan membongkar bangunan yang mengelilingi benteng Kraton Ngayogyakarta. Selain untuk menampilkan wajah asli Kraton, kebijakan tersebut dilakukan untuk melindungi kawasan cagar budaya (KCB).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Jogja, Suwarto mengatakan, benteng Kraton selama ini tertutup bangunan-bangunan baik perukiman maupun tempat usaha. Tembok benteng, katanya, bagian dari bangunan cagar budaya yang harus dilestarikan dan dibangkitkan kembali. Bila tidak, keberadaan bangunan-bangunan tersebut bisa mengancam pelestarian benteng Kraton.

“Selain Malioboro, yang bisa dibanggakan di Jogja kan keberadaan Kraton. Kami ingin, wajah asli Kraton bisa ditampilkan. Kalau tidak diatur dari sekarang maka bangunan yang menempel di benteng itu akan ambaradul dan semerawut,” kata Suwarto di Gedung Dewan, Senin (24/9).

Menurutnya, sterilisasi bangunan yang menempel di benteng Kraton sisi luar merupakan bagian dari pengesahan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Jogja, beberapa waktu lalu.

Sebagai langkah awal, jelas Suwarto, sterilisasi bangunan sepanjang benteng tersebut akan dilakukan di sisi selatan. “Dari barat (Jokteng Kulon) ke timur (Jokteng Wetan),” tambahnya.

Ketua DPRD Kota Jogja, Henry Kuncoroyekti menambahkan, pembukaan bangunan yang menempel itu akan dilakukan pada 2013. “Nanti dilihat juga kemungkinan sharing dana dengan dana keistimewaan untuk biaya ganti rugi bangunan warga. Itu bisa saja dilakukan,” kata Henry.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya