Struktur bangunan diduga candi di dekat Museum Kailasa, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jateng. (Istimewa-Detik.com)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Warga yang hendak membuat septic tank di kawasan Dieng, dekat Museum Kailasa, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) dikagetkan dengan penemuan bangunan diduga candi.

"Awalnya, warga tengah meratakan tanah dan pembuatan septic tank. Kemudian saat melakukan penggalian ternyata menemukan itu," kata Juru Pelihara Unit Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Tusar, kepada Detik.com, Senin (20/1/2020).

Tusar menjelaskan batuan itu ditemukan di kedalaman sekitar satu meter di dekat kompleks Candi Arjuna. "Bentuknya itu struktur bangunan, mirip sebuah candi. Lokasinya sekitar 50 meter dari museum Kailasa, dekat dengan kompleks Candi Arjuna," jelasnya.

Warga melaporkan penemuan bangunan diduga candi itu kepada BPCB, Jumat (17/1/2020). Menurut Tusar, lokasi galian calon septic tank itu dulunya merupakan kebun kentang, namun warga akan memanfaatkan untuk membuat gazebo.

Atas temuan tersebut, Tusar mengaku sudah melaporkan kepada kantor BPCB Jateng. Ia masih menunggu langkah dari BPCB Jateng terkait penemuan struktur bangunan di bawah tanah tersebut.

Lokasi struktur bangunan yang diduga candi ini berada di jarak 700 meter sebelah barat lokasi Arca Ganesha yang ditemukan pada akhir 2019 lalu. Arca Ganesha terbesar di Dieng itu ditemukan petani kentang di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten