SOLOPOS.COM - Dua orang pengunjung sedang berfoto di kawasan Situs Purbakala Sokoliman di Desa Bejiharjo, Karangmojo. foto diambil beberapa waktu lalu. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Bangunan cagar budaya kali ini tersebar di Gunungkidul.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sedikitnya 52 situs prasejarah tersebar di wilayah Gunungkidul. Di situs-situs ini menyimpan jejak masa lampau yang berbentuk artefak mulai dari pecahan gerabah, tulang manusia, tulang hewan, fragmen logam, manik-manik dan arang hingga peninggalan zaman batu besar.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kepala Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman, Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya, Dinas Kebudayan, Winarsih mengatakan Gunungkidul memiliki peradaban tertua dan terlengkap di wilayah DIY. Hal ini terlihat dari temuan artefak yang dimiliki mulai dari zaman prasejarah hingga kontemporer terdapat di Bumi Handayani.

Ekspedisi Mudik 2024

“Semua ada di sini. Namun dari sisi kekhasan lebih condong pada masa prasejarah karena di daerah lain tidak ada peradaban tersebut,” kata Winarsih, Senin (18/9/2017).

Menurut dia, hasil pendataan yang dilakukan di 2014 lalu, di Gunungkidul terdapat 52 situs peninggalan bersejarah. Situs-situs ini terdiri dari goa-goa, hingga lokasi perkarangan yang ditemukan benda-benda seperti menhir, peti kubur batu dan sejumlah artefak lainnya.

“Setiap tempat yang ada penemuan kita data dan kami jadikan sebagai situs peninggalan prasejarah,”ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya